Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Daging Laboratorium Diijinkan untuk Konsumsi Manusia

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk pertama kalinya memgijinkan produk daging yang tumbuh dari sel hewan untuk konsumsi manusia, Rabu (23/11).

UPSIDE Foods, sebuah perusahaan yang membuat ayam kultur sel dengan memanen sel dari hewan hidup kemudian menggunakan sel tersebut untuk menumbuhkan daging dalam tangki baja tahan karat, akan diperkenankan menawarkan produknya ke pasar setelah diperiksa oleh Departemen Pertanian AS (USDA).

“Dunia sedang mengalami revolusi makanan dan (FDA) berkomitmen untuk mendukung inovasi dalam pasokan makanan,” kata Komisaris FDA Robert M. Califf dan Susan Mayne, direktur Pusat Keamanan Pangan dan Gizi Terapan FDA dalam sebuah pernyataan.

FDA mengatakan dalam dokumen yang dirilis pada hari Rabu (23/11) bahwa mereka telah meninjau data dari perusahaan dan tidak memiliki pertanyaan lebih lanjut.

“Kami sangat senang dengan pengumuman FDA,” kata David Kay, direktur komunikasi UPSIDE, melalui email.

“Langkah bersejarah ini membuka jalan bagi jalan kita menuju pasar,” tambahnya.

Baca juga: Ilmuwan Jepang Ciptakan Replika Daging Sapi Wagyu

Tinjauan tersebut secara teknis bukan persetujuan dan hanya berlaku untuk produk UPSIDE Foods, meskipun badan tersebut siap untuk bekerja sama dengan perusahaan lain yang mengembangkan makanan sel hewan.

USDA dan FDA bersama-sama mengatur daging yang dikultur sel berdasarkan perjanjian 2019 antara kedua lembaga.

USDA akan mengawasi pemrosesan dan pelabelan produk daging yang dikultur sel.

Permintaan alternatif untuk daging ternak telah tumbuh bersamaan dengan kesadaran akan emisi gas rumah kaca yang tinggi dari pemeliharaan ternak.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan