Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Mau Lolos Beasiswa IISMA? Ini Tips dari Awardee dari UNAIR

ilustrasi-beasiswa

Topcareer.id – Beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) sering menjadi incaran bagi mahasiswa. Beasiswa ini menawarkan kuliah selama satu semester di luar negeri dan dibiayai penuh oleh pemerintah.

Mahasiswa Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR), Lana Kautsan berhasil meraih beasiswa IISMA 2021. Ia lantas berbagi soal tips dan pesannya melalui sharing session BEM Fakultas Ilmu Budaya UNAIR dengan tema “Be Better Throught Internationalism.”

Lana sebelum menjadi awardee, sudah mempersiapkan dari awal, yakni memulai riset IISMA hingga universitas yang akan dituju. Terutama dalam menulis motivation letter.

Menurutnya, sebelum menulis motivation letter tentukan dulu goal kita dengan goal penyelenggara beasiswa, yakni IISMA. Jika tidak, dipastikan pemohon akan kesulitan untuk menulis pada paragraf selanjutnya.

“Sebelumnya tuh, aku nggak pede kalo goal ku nggak sama dengan goal Kemendikbud. Tapi, alhamdulillah ternyata aku bisa lolos,” kata dia, dikutip dari laman resmi UNAIR, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Seberapa Sering Harus Ganti Pekerjaan Tanpa Merugikan Karier?

Selain itu, kepada peserta, Lana mewanti-wanti bahwa meski punya mimpi besar, tapi tidak bisa realistis dan bermanfaat, hal tersebut justru menjadi sia-sia. Faktanya, yang mendaftar IISMA bukan sembarang orang.

“Tiap peserta pasti punya segudang prestasi dan pengalaman. Namun, tidak cukup di situ,” katanya.

“Temen-temen, yang paling susah, menurutku itu bisa menyamakan bidang yang kita kerjakan dengan projek atau rencana hidup kita ke depannya. Karena banyak temenku yang anak kedokteran, tapi pengin ngambil komunikasi. Itukan nggak selaras ya,” imbuh dia.

Pada sesi terakhir seminar, Lana memberikan semangat bahwa tetap percaya diri untuk mendaftar. Apapun hasilnya, tetap menjadi diri sendiri dan komitmen dengan projek atau bidang yang akan dilakukan.

Tinggalkan Balasan