Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tanda-Tanda Pekerja Underachiever, Apakah Kamu Mengalaminya?

Work. Waktu-waktu rentan pekerja lakukan kesalahan.Waktu-waktu rentan pekerja lakukan kesalahan. (Dok/claromentis.com)

Topcareer.id – Jika kamu pernah merasa tidak memenuhi potensi penuhmu, atau kamu tidak mencapai suatu hal sebanyak yang kamu harapkan, ada kemungkinan kamu adalah orang yang kurang berprestasi atau sebutannya underachiever.

Menurut Harold Cohen, Ph.D., prestasi rendah terkait dengan kekecewaan terhadap diri kita sendiri. Kamu mungkin merasa cerdas dan mampu menyelesaikan banyak hal, tetapi di suatu saat, keraguan diri menghalangi, sementara kamu belum mencapai tempat yang kamu inginkan.

Hal ini dapat menyebabkan depresi dan kecemasan, kurangnya kepercayaan diri dan banyak lagi. Berikut adalah lima tanda kamu mungkin kurang berprestasi atau seorang underachiever, seperti dilansir dari laman The Ladders.

1. Kamu tidak memiliki keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang tepat

Jika pikiran untuk mengikuti agenda atau mengikuti jadwal membuatmu merasa ngeri, kamu mungkin berprestasi rendah. Membuat daftar hal yang harus dilakukan setiap hari dan menyisihkan waktu untuk menyelesaikan tugas adalah cara yang baik untuk mulai mendapatkan hasil yang lebih baik dengan pekerjaanmu.

2. Kamu menggunakan pesona untuk berhenti melakukan pekerjaan

Setelah beberapa saat, kamu mungkin telah menemukan cara untuk berhenti bekerja hanya dengan berbicara manis kepada orang lain. Ini bisa terlihat seperti lebih banyak alasan atau menyerahkan pekerjaan yang tidak ingin kamu lakukan kepada orang lain.

Atau kamu dapat meminta perpanjangan atau bantuan tambahan, sehingga kamu dapat fokus melakukan hal minimum yang diperlukan. Apa pun itu, itu pasti tidak membantumu mencapai apapun.

Baca juga: 10 Aplikasi Terbaik Untuk Dukung Kerja Remote (Bagian 2)

3. Kamu hanya melakukan hal yang ‘cukup’ untuk bertahan

Jika kamu adalah anak di sekolah yang tidak pernah belajar atau peduli tentang pekerjaan rumah, tetapi masih mendapat nilai yang bagus, kamu mungkin kurang berprestasi. Bagian dari apa yang menahanmu adalah pengetahuan bahwa kamu dapat melakukan sedikit usaha untuk bertahan hidup.

Masalahnya adalah, dengan hanya melakukan seminimal mungkin untuk bertahan, kamu mungkin menemukan dirimu terjebak di tempat yang sama, tidak pernah bergerak maju. Dengan melakukan sedikit lebih banyak usaha dan memanfaatkan semua keterampilan, kamu dapat mencapai lebih banyak.

4. Kamu membuat banyak alasan

Menurut psikolog Linnus S. Pecaut, pendiri Institute for Motivational Development, banyak orang yang kurang berprestasi (terutama sebagai anak-anak) akan membuat alasan mengapa mereka tidak berkinerja baik dan berjuang untuk menerima tanggung jawab atas kegagalan mereka.

5. Kamu sering menunda-nunda tugas atau proyek

Kamu mungkin tahu bahwa kamu sebenarnya perlu melakukan sesuatu, tetapi kamu terus menundanya nanti dan nanti hingga menit terakhir. Hal ini menyebabkan kegilaan saat mencoba menyelesaikan proyek atau tugas sebelum tenggat waktumu dan sering kali kamu tidak akan menyerahkan pekerjaan terbaikmu.

Leave a Reply