Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Apakah Kamu Menyukai Pekerjaanmu? Pakai Metode 15-5 untuk Mencari Tahu

Ilustrasi UGM kembali membuka program upskilling dan reskilling bagi talenta muda Indonesia. (Dok/The Job Network)Ilustrasi UGM kembali membuka program upskilling dan reskilling bagi talenta muda Indonesia. (Dok/The Job Network)

Topcareer.id – Jelang akhir tahun, karyawan mungkin akan berkutat dengan tinjauan kinerja di tempat kerja. Di satu sisi ini aat yang tepat mengingatkan atasan tentang semua hal yang sudah kamu capai tahun ini dan apa yang ingin kamu lakukan di tahun baru.

Di satu sisi, meringkas kinerja selama satu tahun bisa jadi hal yang memusingkan, menggabungkan apa yang kamu sukai dan tidak sukai sekaligus.

Pakar Kepemimpinan, Shonna Waters berbagi cara untuk melacak bagaimana perasaanmu sebenarnya tentang pekerjaanmu dan pekerjaan yang akan kamu lakukan. Ia mengenalkan trik 15-5 yang ia praktikkan sebagai wakil presiden BetterUp, platfotm pelatihan karier.

Mengutip CNBC Make It, setiap Jumat, dia menyisihkan 15 menit untuk menilai bagaimana perasaannya tentang pekerjaan yang dia lakukan minggu itu dalam skala 1 sampai 5.

Nilai 1 berarti kamu tidak bersemangat dengan pekerjaan yang kamu lakukan minggu itu, dan 5 berarti kamu merasa seperti all-star dalam apa yang bisa kamu capai dan dampaknya terhadap tim, perusahaan, atau pelanggan.

“Peringkat tersebut tidak harus tentang produktivitasmu, melainkan apakah kamu merasa nyaman dengan pekerjaan yang kamu lakukan di sana,” kata Waters.

Baca juga: Ide Brilianmu Dicuri Di Tempat Kerja? Begini Cara Mengatasinya

Setelah memilih nomor, luangkan beberapa menit untuk menuliskan mengapa kamu merasa seperti itu. Dokumentasikan juga apakah ada sesuatu yang terjadi di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadimu yang mungkin memengaruhi peringkat mingguanmu.

“Ini adalah cara yang bagus untuk melihat berbagai hal dari perspektif data untuk melihat kembali, katakanlah, dua bulan terakhir dan melihat: Seperti apa tampilan bagan saya? Apa yang sedang terjadi?” Ujar Waters.

Melihat peringkatmu secara agregat, kamu mungkin memperhatikan pola dari waktu ke waktu tentang bagaimana pengalaman kerja atau kehidupan pribadi memengaruhi perasaanmu tentang pekerjaan.

Misalnya, mungkin kamu dapat melihat bahwa kamu memiliki minggu-minggu dengan skor lebih rendah ketika hal-hal sangat kacau dalam kehidupan rumahmu.

Ke depan, coba pikirkan: Bisakah menyesuaikan jam kerjamu mengurangi beberapa kendala waktu yang kamu miliki di rumah?

Atau, mungkin kamu mengalami minggu-minggu yang luar biasa saat bekerja dengan rekan kerja dalam proyek kelompok besar.

Waters menambahkan praktik 15-5 memberimu kesempatan untuk berhenti sejenak dan merenungkan secara teratur. “Bukan hanya hasil pekerjaanmu, tetapi seperti apa proses pembelajarannya.”

Leave a Reply