Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Menparekraf: 20 Juta UMKM Sudah Masuk Platform E-Commerce

Ilustrasi e-commerce UMKM (Pexels)

Topcareer.id – Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memastikan UMKM kembali menjadi pahlawan kebangkita ekonomi nasional tahun 2023. Dan sekitar 20 juta UMKM sudah terdigitalisasi.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan tahun 2023 UMKM ini kembali menjadi pahlawan perekonomian nasional, membuka peluang usaha dan lapangan kerja, di mana target di tahun 2024 adalah 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas.

“Tahun 2024 kami menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru yang ditopang oleh UMKM. Para pelaku UMKM ini hidup karena mereka berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi,” kata Menparekraf dalam keterangan persnya, Sabtu (17/12/2022).

Menparekraf Sandiaga mengatakan saat ini UMKM yang sudah terdigitalisasi atau on boarding di platform e-commerce ada sekitar 20 juta dari target sebesar 30 juta sampai awal 2024.

“Tahun 2023 diprediksi akan terjadi masa sulit, teman-teman harus bisa menyikapi karena Indonesia ekonominya masih bisa tumbuh ditopang kekuatan UMKM,” jelas Sandiaga.

Baca juga: Ini Daftar Pemenang Indonesian Migrant Worker Awards 2022!

Sementara itu, Menparekraf menyikapi soal RUU KUHP yang diberitakan akan berdampak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih menjelang liburan natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

“Jangan pernah khawatir terhadap berita hoaks dan isu yang sempat beredar terkait pengecekan kamar hotel bagi wisatawan, itu tidak betul dan itu hoaks,” ujarnya.

“Tidak pernah ada, pernyataan seperti itu oleh pemerintah dan kami akan memastikan ranah privasi wisatawan tetap kami hormati baik itu wisatawan mancanegara ataupun wisatawan nusantara. Kita bangsa berbudaya, menjaga wisatawan itu sebagai tamu istimewa sehingga mereka aman, nyaman, dan menyenangkan,” tambah Sandiaga.

Pengurus Yayasan Kagama Bhakti Nusantara (YKBN) Yuyun Yunastuti Daud mengatakan, UMKM ke depan semakin lebih baik dan makin berkembang meski dalam dua tahun terakhir terkena dampak pandemi COVID-19. Sebelum ini UMKM menghadapi cobaan menghadapi krisis pangan dan krisis global.

“Ini merupakan infuse water bagi UMKM. Terima kasih Pak Menteri endorse ini menjadi salah satu agar mereka tetap bisa bertahan dan berkembang nanti di tahun depan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan