Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemnaker Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Topcareer.Id – Kementerian Ketenagakerjaan menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin, (19/12). Bantuan ini secara simbolis diberikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Di awal sambutannya, Menaker Ida, menyampaikan dukacita yang mendalam atas terjadinya bencana alam Gempa Bumi di Cianjur yang terjadi pada tanggal 21 November lalu. Musibah ini telah merenggut kurang lebih sebanyak 603 korban jiwa.

Menaker Ida mengatakan terkait bantuan yang diberikan oleh Kemnaker ini, jajarannya memberikan bantuan di antaranya berupa uang tunai hasil penggalangan dana dari para pegawai Kementerian Ketenagakerjaan.

Selain bantuan berupa uang, lebih lanjut, Menaker Ida mengungkapkan Kementerian Ketenagakerjaan juga berkomitmen untuk mendukung pemulihan pasca gempa melalui pemberian pelatihan kepada masyarakat Cianjur yang terdampak gempa.

Selain itu, pihaknya menyiapkan bantuan wirausaha melalui program Tenaga Kerja Mandiri yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin kembali membangun usahanya.

“Nilai bantuan ini tidak seberapa, tetapi ini sebagai bagian dari empati kami kepada Saudara-saudara yang terdampak gempa Cianjur. Semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara yang terdampak dan mempercepat pemulihan pasca bencana,” kata Menaker Ida.

Baca juga: Bos Bisa Tahu Kamu Nggak Fokus Saat Meeting Zoom, Ketahui Tandanya Nih

Pada kesempatan ini pula, Menaker Ida berbincang dengan kepala Sekolah SDN Puncak 02 yang kondisi bangunannya sudah tak layak dipergunakan untuk aktivitas belajar mengajar. Ia sangat berharap agar proses belajar mengajar anak-anak tetap berjalan.

“Kebetulan kami punya gedung Wisma Ciloto. Gedung Wisma Ciloto ini bisa dijadikan sebagai ruang kelas sementara untuk digunakan proses belajar mengajar bagi Sekolah Dasar yang terdampak gempa,” tutur Menaker Ida.

Sementara itu, Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi dalam laporannya menyampaikan, kegiatan penggalangan donasi Cianjur yang diadakan di Kemnaker ini dimulai dari tanggal 22 november dan ditutup pada tanggal 9 desember 2022, dan telah terkumpul dana sebesar Rp 260.000.000. Selain itu, Sekjen Anwar, menambahkan bantuan yang diberikan berupa bantuan paket padat karya pembersihan puing reruntuhan di fasilitas umum.

“Paket bantuan ini telah dipetakan menjadi 5 lokasi, yang akan dikerjakan selama 15 hari kerja, melibatkan sekitar 500-600 orang, nantinya mereka yang bekerja akan mendapatkan upah Rp.75.000.00,- per hari,” ungkap Sekjen Anwar.

Ia menambahkan bantuan yang diberikan berupa paket padat karya pembangunan hunian darurat berbasis keluarga yang peruntukkannya untuk kelompok rentan (kelompok lansia, Ibu Hamil, dan lain sebagainya).

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply