Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Mudik Nataru Pakai Mobil Listrik? Ini Cara Cari POM Listrik Lewat PLN Mobile

Dok/Stock-Adobe.comDok/Stock-Adobe.com

Topcareer.id – Bagi yang mau bepergian jauh di masa libur Natal dan Tahun Baru menggunakan mobil listrik, mungkin akan sedikit kebingungan mencari stasiun pengisian kendaraan listrik. Untuk itu, PLN berikan kemudahan bagi msyarakat yang ingin bepergian dengan mobil listrik di masa Nataru.

PT PLN telah menyediakan POM Listrik atau Stasiun Pengsian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN telah mensiagakan 569 unit SPKLU yang tersebar di 237 lokasi di seluruh Indonesia.

“Para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai. Sebab, ratusan SPKLU telah siap memberikan pelayanan terbaik,” kata Darmawan dikutip dari siaran pers, Kamis (22/12/2022).

Dalam liburan Natal dan Tahun Baru ini, Tol Jawa diperkirakan akan menjadi tol yang paling banyak digunakan masyarakat. Saat melintas di tol ini pun pengguna mobil listrik tak perlu khawatir karena PLN juga menyediakan SPKLU di rest area.
Ada 9 SPKLU yang tersedia di rest area Tol Jawa, yakni:

Rest Area KM 519 A (Solo-Ngawi),
Rest Area KM 519 B (Ngawi-Solo),
Rest Area KM 389 B (Batang-Semarang),
Rest Area KM 379 A (Semarang-Batang),
Rest Area KM 626 B (Kertosono-Madiun),
Rest Area KM 207 A (Palikanci),
Rest Area 208 B (Palikanci),
Rest Area KM 10,6 Tol Jagorawi dan
Rest Area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

Baca juga: Revitalisasi Vokasi, Jawaban Atas Tantangan Kompetensi Kerja

Darmawan melanjutkan, pengguna mobil listrik saat ini juga tak lagi kesulitan untuk mencari SPKLU. Sebab, PLN memberikan kemudahan melalui aplikasi PLN Mobile. Lewat PLN Mobile, masyarakat bisa mencari lokasi SPKLU terdekat.

Caranya, pengguna mobil listrik cukup membuka aplikasi PLN Mobile. Kemudian, pilih fitur Electric Vehicle. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan antara lain Tukar Baterai, SPKLU dan SPLU. Pengguna mobil listrik kemudian dapat pilih SPKLU.

Setelah itu, PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dengan lokasi pengguna mobil listrik. Tak cuma itu, aplikasi ini juga menyediakan petunjuk arah ke lokasi SPKLU. Dengan demikian, pengguna mobil listrik akan semakin mudah menemukan keberadaan SPKLU.

“PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Salah satunya dengan fitur-fitur yang mendukung eksosistem kendaraan listrik ini,” ujar Darmawan.

Tinggalkan Balasan