Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Raksasa E-commerce Sea Bakal Tangguhkan Kenaikan Gaji Karyawan

Kantor Sea Singapura. (source: Sea)

Topcareer.id – Raksasa e-commerce Singapura, Sea, akan menangguhkan kenaikan gaji sebagian besar karyawan dan membayar bonus yang lebih rendah tahun ini sebagai bagian dari langkah-langkah untuk mempersiapkan “lingkungan ekonomi global yang memburuk” pada tahun 2023, menurut Bloomberg.

Sea adalah perusahaan induk dari unit game Garena dan platform e-commerce Shopee.

Pada Kamis (22/12/2022), Bloomberg melaporkan bahwa pendiri Sea Forrest Li mengumumkan dalam memo internal bahwa perusahaan perlu fokus pada profitabilitas setelah tahun 2022 yang sulit.

“Ekonomi tahun depan mungkin terbukti ‘bahkan lebih menantang’ di tengah perang yang sedang berlangsung di Ukraina dan meningkatnya tingkat inflasi,” kata Li, mengutip Channel News Asia.

Dengan demikian, perusahaan akan menghentikan kenaikan gaji bagi karyawan yang belum dipromosikan, kata Li, yang menambahkan bahwa sebagian besar perubahan telah dilakukan.

Baca juga: Alasan Sakit Kepala Cluster Lebih Sering Terjadi Pada Pria

“Saya tahu berita seperti itu mungkin sulit untuk ditanggung, terutama di sekitar musim liburan … Ini adalah tindakan sementara tetapi perlu untuk membantu kita membangun masa depan yang lebih besar dan lebih cerah.”

Setelah pengumuman itu, saham Sea anjlok lebih dari 4 persen.

Selama beberapa bulan terakhir, Sea telah memberhentikan lebih dari 7.000 karyawan – atau sekitar 10 persen dari tenaga kerjanya.

Pemotongan staf juga dilakukan di Garena pada September 2022, termasuk menutup beberapa proyek besar untuk meningkatkan profitabilitas Sea.

Di bulan yang sama, lebih banyak karyawan Shopee juga di-PHK, dengan beberapa dari mereka tawaran pekerjaan dibatalkan beberapa hari sebelum mereka mulai bekerja.

Leave a Reply