Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Negara Yang Tidak Punya Kekuatan Militer (Bagian 1)

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Biasanya suatu negara perlu memiliki kekuatan militer untuk menjaga keamanan wilayah negaranya. Namun, mungkinkah negara bisa bertahan tanpa memiliki kekuatan militer?

Bagi kebanyakan orang, pertanyaan seperti ini terdengar seperti kontradiksi.

Tetapi tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa negara di dunia yang mempertahankan kedaulatan wilayah mereka tanpa memiliki kekuatan militer sama sekali.

Penasaran negara mana saja yang tidak memiliki kekuatan militer? Berikut ini daftar negaranya.

Bagian pertama dari artikel

Monaco
Negara terkecil kedua di dunia ini terletak di pantai Mediterania Prancis dan dikenal sebagai surga pajak.

Negara-kota yang luasnya hanya 0,78 mil persegi ini memiliki total 31.000 jiwa. Prancis lah yang bertanggung jawab atas pertahanan militernya

Akan tetapi Monaco masih memiliki pasukan polisi nasional untuk menjaga keamanan.

Panama
Negara Amerika Tengah, Panama, menghapuskan militernya pada tahun 1990 dan sebagai gantinya menciptakan Pasukan Publik Panama.

Mereka terdiri dari pasukan polisi nasional, layanan penerbangan nasional dan layanan perbatasan. Sejak 1994, konstitusi Panama telah melarang pembentukan militer.

Liechtenstein
Liechtenstein adalah negara keenam terkecil di dunia. Meskipun negara itu tidak memiliki angkatan bersenjata militer, pasukan polisi nasionalnya bekerja sama erat dengan pasukan militer negara-negara tetangga seperti Austria dan Swiss.

Baca juga: Top 10 Kekuatan Militer di Dunia Saat Ini (Bagian 1)

Marshall Islands
Setelah hampir empat dekade di bawah pemerintahan Amerika Serikat, Marshall Islands memperoleh kemerdekaan mereka pada tahun 1986.

Marshall Islands tidak memiliki angkatan bersenjata sendiri sehingga pertahanan teritorial masih disediakan oleh Amerika Serikat.

Mauritius
Negara kepulauan di Samudera Hindia ini memiliki 1,3 juta penduduk dan telah memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1968.

Meskipun tidak memiliki angkatan bersenjata militer sendiri, mereka memiliki pasukan polisi dan unit paramiliter yang disebut Special Mobile Force untuk memastikan keamanan internal dan eksternal negara.

Samoa
Negara Polinesia pertama yang mencapai kemerdekaan pada tahun 1962. Samoa tidak memiliki struktur pertahanan formal atau angkatan bersenjata militer.

Di luar itu, Samoa memiliki pasukan polisi sendiri. Ada juga hubungan pertahanan informal dengan New Zealand.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan