Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Negara Yang Tidak Punya Kekuatan Militer (Bagian 2)

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Biasanya suatu negara perlu memiliki kekuatan militer untuk menjaga keamanan wilayah negaranya. Namun, mungkinkah negara bisa bertahan tanpa memiliki kekuatan militer?

Bagi kebanyakan orang, pertanyaan seperti ini terdengar seperti kontradiksi.

Tetapi tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa negara di dunia yang mempertahankan kedaulatan wilayah mereka tanpa memiliki kekuatan militer sama sekali.

Penasaran negara mana saja yang tidak memiliki kekuatan militer? Berikut ini daftar negaranya.

Lanjutan dari bagian pertama artikel

French Polynesia
Terletak di Samudra Pasifik selatan dan terdiri dari banyak pulau kecil dan besar. Pulau teritori yang paling terkenal adalah Tahiti, selain itu French Polynesia juga dikenal memiliki tempat liburan yang eksotis, Bora-bora.

Secara total, French Polynesia memiliki 290.000 penduduk, tetapi tidak memiliki angkatan bersenjata sendiri. Prancis yang bertanggung jawab atas pertahanan militernya.

Greenland
Merupakan pulau terbesar di bumi dan secara geografis milik Amerika Utara tetapi merupakan bagian otonom dari Denmark.

Pada 2008, Greenland memilih pemerintahan sendiri yang lebih kuat dan tanggung jawab dalam urusan domestik.

Tahun 2009, Greenland mengesahkan Self-Government Act, mengakui bahwa warganya memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri berdasarkan hukum internasional.

Namun, Denmark terus melakukan kontrol atas beberapa bidang kebijakan, termasuk kebijakan luar negeri, keamanan, dan keuangan. Inilah sebabnya mengapa pemerintah Denmark juga bertanggung jawab atas pertahanan militer untuk Greenland.

Iceland
Meskipun Islandia adalah anggota NATO, Islandia tidak memiliki kekuatan militer permanen. NATO bertanggung jawab atas pertahanan Islandia.

Sejak 2006, semua pasukan Amerika Serikat telah ditarik dari Islandia. Islandia berpartisipasi dalam misi perdamaian internasional dengan unit manajemen krisis sipil Islandia.

Baca juga: Top 10 Kekuatan Militer di Dunia Saat Ini

Andora
Negara mini yang terletak antara Prancis dan Spanyol ini hanya memiliki sekitar 85.000 penduduk.

Andora memang memiliki polisi sendiri yang disebut Cos de Policia d’Andorra, tetapi mereka tidak memiliki angkatan bersenjata militer.

Pertahanan negara merdeka adalah tanggung jawab Spanyol dan Prancis karena kedekatan antar negara.

Costa Rica
Tidak ada angkatan bersenjata di Costa Rica sejak 1949, tetapi pasukan polisi biasanya digunakan untuk tujuan pertahanan.

Negara yang sering disebut sebagai “Swiss Amerika Tengah” itu menyatakan netralitasnya yang permanen dan tidak bersenjata pada tahun 1983. Faktanya, Kosta Rika dilindungi oleh militer Amerika Serikat.

Faroe Islands
Terletak di Atlantik Utara antara Kepulauan Inggris, Norwegia, dan Islandia, Kepulauan Faroe memiliki total 51.000 jiwa.

Mereka tidak memiliki angkatan bersenjata reguler, tetapi pemerintah Denmark bertanggung jawab atas pertahanan mereka.

Komando Arktik, yang merupakan bagian dari angkatan bersenjata Denmark, bertanggung jawab atas pertahanan teritorial Kepulauan Faroe.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply