Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 8, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Perlukah Menyembunyikan Pekerjaan Sampingan dari Atasan?

working-from-home-indIlustrasi. (dok. The Independent)

Topcareer.id – Kamu yang sedang bekerja, apakah juga mengambil pekerjaan sampingan? Ada banyak alasan mengapa karyawan melakukan pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama. Pekerjaan sampingan ini merupakan pekerjaan yang dikakukan di luar pekerjaan utama.

Side Hustrel Expert, Daniella Flores telah melihat bos bereaksi dengan berbagai cara ketika mengetahui karyawannya memiliki pekerjaan sampingan.

“Itu benar-benar tergantung pada kebijakan calon pemberi kerja ini. Beberapa pemberi kerja dapat melarang Anda melakukan pekerjaan di luar jika itu ada dalam kebijakan mereka,” kata dia, dikutip dari laman CNBC Make It.

Flores merekomendasikan untuk memeriksa atau bertanya terlebih dulu kepada bagian sumber daya manusia (SDM/HR) untuk mengetahui apakah perusahaan menyatakan sesuatu secara eksplisit tentang melakukan pekerjaan sampingan.

Kebijakannya mungkin, berupa, kamu harus memberi tahu atasanmu apa yang sedang kamu kerjakan, tetapi selama pekerjaanmu tidak bersaing langsung dengan pekerjaan penuh waktumu, itu mungkin tidak apa-apa.

Jika perusahaan tidak memiliki kebijakan seputar pekerjaan sampingan, mungkin sebaiknya kamu memberi tahu atasanmu.

“Saya pikir sebagian besar perusahaan sangat menghargai komunikasi terbuka. Mereka benar-benar ingin tim mereka bahagia dan puas,” kata Angelique Rewers, pendiri BoldHaus, sebuah perusahaan konsultan yang membantu usaha kecil menemukan klien korporat.

Baca juga: Ini Etika Mengirim Email Profesional (Bagian 2)

Jika perusahaanmu tidak memiliki kebijakan khusus dan kamu tidak yakin apakah akan mengungkapkan pekerjaan sampinganmu atau tidak, Flores merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan pengacara ketenagakerjaan untuk memastikan apapun yang kamu putuskan pada akhirnya tidak membuatmu berisiko kehilangan pekerjaan utamamu.

Ketika Flores baru saja lulus kuliah dan bekerja sebagai insinyur web di sebuah startup, Flores tetap melukis dan menjual karya seninya sebagai sampingan.

Pada awalnya, perusahaan baik-baik saja dengan pekerjaan sampingan itu, tetapi akhirnya, mereka memberi ultimatum kepada Flores, bertanya kepada mereka, “Apakah Anda lebih suka melukis atau lebih suka membuat kode?”

Flores meninggalkan perusahaan segera setelah itu.

Sebaliknya, ketika Flores menjadi karyawan di Mastercard dan bekerja di situs pekerjaan sampingan I Like to Dabble, perusahaan sepertinya tidak mempermasalahkan kegiatan itu.

Apa pun yang kamu lakukan, kata Flores, ingatlah untuk tidak menggunakan peralatan perusahaan atau waktu perusahaan untuk kesibukanmu.

“Pastikan Anda melakukannya di laptop Anda sendiri, di waktu Anda sendiri, bukan di tempat kerja,” kata Flores.

Tinggalkan Balasan