Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Cara Tingkatkan Sistem Imun untuk Sepanjang Tahun

age-well.jpg

Topcareer.id – Meskipun kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dihapus, bukan berarti Covid-19 hilang. Justru di musim hujan dan kondisi naik turunnya kasus Covid-19, baiknya kamu terus membangun sistem kekebalan tubuh.

Ahli penyakit menular dan ahli biologi evolusi, Dr. William B. Miller Jr mengatakan, meskipun penting untuk membangun pertahananmu terhadap penyakit selama bulan-bulan musim dingin, sebenarnya itu adalah sesuatu yang harus kamu lakukan sepanjang tahun.

“Satu-satunya cara efektif untuk benar-benar meningkatkan sistem kekebalanmu adalah dengan mengadopsi ritme yang stabil,” kata Miller dikutip dari CNBC Make It.

Menurut Miller, berikut adalah beberapa praktik yang dia rekomendasikan untuk membantumu menjadi mitra terbaik untuk sel-sel di tubuhmu.

6 cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Baca juga: 5 Sayuran Paling Menyehatkan Di Dunia, Ada Brokoli

1. Makan makanan berserat tinggi seperti alpukat, atau konsumsi probiotik/prebiotik: kesehatan usus dapat sangat memengaruhi sistem kekebalan tubuhmu

2. Kurangi asupan gula

3. Berolahraga secara teratur

4. Dapatkan jam tidur yang cukup

5. Asupan alkohol lebih rendah

6. Jangan merokok atau mengonsumsi obat-obatan (yang tidak diresepkan untukmu karena alasan medis), karena aktivitas tersebut dapat melemahkan sistem kekebalanmu

“Penuaan yang sehat hampir sama persis dengan sistem kekebalan yang kuat. Demikian pula, sistem kekebalan yang lebih lemah biasanya sama dengan umur yang lebih pendek,” tambahnya.

Tetapi keuntungan memiliki ketahanan kekebalan yang baik tidak terbatas pada kesehatan fisik saja, menurut Miller.

“Sistem kekebalan yang kuat diterjemahkan ke dalam insiden gangguan mood yang lebih rendah, tingkat depresi yang lebih rendah, rasa kesejahteraan yang lebih baik (dan) tingkat optimisme yang lebih tinggi. Manfaat semacam ini diperoleh karena sel individu kita, termasuk mikroba kita, memengaruhi perilaku kita,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan