Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bank Investasi Global, Goldman Sachs PHK Massal 3.200 Karyawan

Kemnaker minta manajemen Giant hindari PHKIlustrasi PHK. Dok/Dice Insights

Topcareer.id – Bank investasi dan perusahaan keuangan multinasional, Goldman Sachs melakukan PHK karyawan, namun lebih sedikit daripada yang dikahawatirkan. Bank investasi global itu memangkas sebanyak 3.200 karyawannya.

Angka itu berjumlah 6,5% dari 49.100 karyawan Goldman pada bulan Oktober, yang berada di bawah 8% yang dilaporkan bulan lalu sebagai batas atas kemungkinan pemotongan.

Mengutip CNBC, angka terakhir, yang dilaporkan sebelumnya oleh Bloomberg, adalah hasil diskusi internal antara kepala bisnis dan manajemen puncak selama sebulan terakhir.

CEO Goldman David Solomon memulai musim PHK Wall Street pada bulan September dan kemudian memilih untuk memberlakukan pemangkasan terdalam industri sejauh ini.

Tingkat karyawan bank membengkak selama dua tahun terakhir sebagai tanggapan atas ledakan transaksi dan aktivitas perdagangan, tetapi masa-masa indah tidak berlangsung lama: penerbitan IPO anjlok 94% tahun lalu karena pasar yang tiba-tiba tidak ramah, menurut data SIFMA.

Sekarang, dengan kekhawatiran bahwa ekonomi akan melambat lebih lanjut tahun ini, Goldman menarik kembali hitungan kepala jika penerbitan saham dan obligasi dan merger tidak pulih.

Baca juga: Menaker Sebut Ini Beberapa Tantangan Pasar Kerja Indonesia Di 2023

Bank investasi lain mengadopsi sikap “wait and see” dalam beberapa minggu mendatang. Jika pendapatan melacak di bawah perkiraan pada bulan Februari dan Maret, industri dapat memangkas lebih banyak pekerja, kata seseorang yang memiliki pengetahuan tentang proses internal perusahaan terkemuka di Wall Street.

“Jika keadaan tidak menjadi lebih baik pada kuartal pertama, kami akan melakukan lebih banyak perubahan. Kamu tidak bisa membuat orang-orang mahal ini duduk-duduk tanpa melakukan apa-apa,” kata konsultan kompensasi Alan Johnson.

Langkah Goldman mengikuti pemangkasan yang lebih kecil dari Morgan Stanley, Citigroup dan Barclays dalam beberapa bulan terakhir.

Credit Suisse yang terkepung, yang sedang melakukan restrukturisasi, mengatakan akan memangkas 2.700 karyawan dalam tiga bulan terakhir tahun 2022 dan bertujuan untuk menghapus total 9.000 posisi pada tahun 2025.

Sementara itu, Goldman masih berencana untuk mempekerjakan bankir junior dan di bidang lain sesuai kebutuhan, kata sumber itu.

Leave a Reply