Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Mau Jadi Mahasiwa DKV? Kenali 5 Alat yang Wajib Dimiliki

Ilustrasi desain komunikasi visual.Ilustrasi desain komunikasi visual.

Topcareer.id – Bagi kamu yang mau jadi mahasiwa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), jangan bingung kalau akan banyak menggunakan alat untuk keperluan tugas kuliah. Sebenarnya alat apa saja yang dibutuhkan mahasiswa yang ingin mengambik jurusan ini?

Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) UM Surabaya, Agus Budiman mengatakan, mahasiswa DKV harus memahami cara menyampaikan pesan dengan baik, tentunya melalui medium desain visual.

Menurut Agus Budiman, ilmu DKV bukan hanya soal seni visual saja, tetapi gabungan antara ilmu komunikasi dan unsur estetika.

“Sehingga untuk mencapai target itu, butuh yang namanya alat bantu perkuliahan sebagai penunjang, hal ini sangat penting untuk menyelesaikan tugas, praktik, ujian semester hingga skripsi,” ujar Budi dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Jumat (20/1/2023).

Berikut penjelasan Agus Budiman soal alat apa saja yang harus dimiliki mahasiswa DKV

1. Buku Sketsa

Ia menjelaskan, alat ini sebagai dasar yang harus dimiliki mahasiswa DKV dalam mendesain sebuah produk. Umumnya buku sketsa digunakan bagi pemula sebelum masuk dalam wilayah desain digital. Proses desain memang dilakukan bertahap dari tradisional menuju digital.

“Selain berfungsi sebagai buku gambar, kertas satuan ini juga dipakai untuk berbagai keperluan seperti melukis, membuat nirmana, membuat sketsa, menulis hingga mencetak hasil karya,” jelas dia.

2. Pensil warna

Desain komunkasi visual juga mengajarkan tentang bagaimana permainan warna. Dalam hal ini, kata Agus, warna sebagai metode penyampaian pesan dan makna paling cepat dalam kategori komunikasi non-verbal. Dalam menciptakan warna yang indah maka dibutuhkan pensil warna atau cat warna yang bagus.

Baca juga: Aturan Menulis Bagian ‘Keterampilan’ Pada Resume Menurut Para Ahli

“Warna menjadi poin penting dalam sebuah desain, karena kalau perpaduan warna tidak sesuai makan warna tidak akan menyatu dan bisa merusak desain yang dibuat,” ungkap Agus.

3. Komputer atau laptop

Budi menyebut alat ini merupakan perangkat keras yang wajib dimiliki mahasiswa DKV. Menurutnya, dalam merealisasikam desain atau karya yang menarik tentu perlu perangkat laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi khusus.

“Hal ini karena ada beberapa aplikasi penting untuk desain visual maupun audio visual yang memiliki kapasitas tinggi,” imbuhnya.

4. Kamera

Ia lebih lanjut menjelaskan, Lulusan desain komunikasi visual juga bisa menjadi fotografer maupun videografer, sehingga perlu memiliki kamera dengan spesifikasi khusus.

Kamera berfungsi untuk mengambil objek gambar secara jelas. Khusus untuk kamera memang sifatnya opsional bergantung konsentrasi mahasiswa DKV.

“Jika ingin menjadi fotografer dan videographer profesional, maka kamera menjadi hal penting untuk dimiliki,”imbuhnya.

5. Lighting

Istilah lighting sudah tidak asing bagi anak desain komunikasi visual yang mencintai dunia sinematografi.

“Meskipun dianggap sepele tetapi lighting memiliki peran penting dalam menciptakan visual yang indah. Sehingga anak DKV yang tertarik dalam dunia sinematografi, lighting menjadi alat wajib yang harus dimiliki dan dipelajari,” tukas Budi.

Leave a Reply