Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara yang Tepat untuk Mengeluh Karena Berlebihan Beban Kerja

Jauhi stres di hari Minggu. Dok/Parade.comTired at work. Dok/Parade.com

Topcareer.id – Setelah normalisasi kerja di rumah di masa pandemi, industri kerja juga menormalisasi kerja yang tak ada batasnya sehingga kehidupan dan pekerjaan berubah. Dengan hari kerja yang lebih lama bisa membuat stress jika kamu tak terbiasa dengan hal tersebut.

Setelah menimbang pro dan kontra dari hari kerja yang lebih lama, kamu bisa mengeluh karena terlalu banyak bekerja tanpa menimbulkan kehebohan. Kamu bisa komplain tapi lakukanlah dengan cara yang benar, berikut ini bisa ditiru, melansir laman Ladders.

Manfaat hari kerja yang lebih panjang

Salah satu manfaat nyata dari memiliki hari kerja yang lebih lama adalah kamu dapat menghasilkan lebih banyak uang. Namun, jika kamu dibayar berdasarkan gaji, kamu hanya tetap mendapatkan satu jumlah yang ditetapkan, tidak peduli berapa jam kamu bekerja. Pekerja per jam mungkin menyukai hari kerja yang lebih panjang karena gaji tambahan.

Kamu juga akan menjadi lebih baik dalam pekerjaan. Keterampilan dan keahlianmu akan berkembang selama ini, yang dapat membawamu lebih jauh ke jalur karier.

Efek negatif dari hari kerja yang lebih lama

Saat kamu bekerja dari jarak jauh, kamu mungkin cenderung bekerja lebih banyak. Salah satu konsekuensi bekerja dari rumah adalah kamu tidak pernah lepas dari pekerjaan. Tanpa disadari, kamu mungkin secara tidak sengaja bekerja lebih lama.

Hari kerja yang lebih panjang juga memiliki efek negatif. Beberapa di antaranya: Stres karena beban kerja tambahan; Kelelahan karena terlalu banyak jam; Lebih sedikit waktu bersama keluarga dan teman; Depresi karena memiliki lebih sedikit waktu sosial; Kelelahan karena terlalu banyak bekerja.

Cara mengeluh yang baik karena telalu banyak bekerja

Komunikasi langsung

Cara terbaik untuk berkomunikasi dengan atasanmu adalah secara langsung dan transparan. Jangan mencoba menutup-nutupi situasi atau menyembunyikan perasaanmu yang sebenarnya tentang terlalu banyak bekerja. Kamu bisa terus terang sambil tetap sopan dan hormat.

Baca juga: Aturan Menulis Bagian ‘Keterampilan’ Pada Resume Menurut Para Ahli

Kamu dapat memiliki batasan dalam kehidupan kerjamu tanpa takut akan pembalasan dari atasan. Selain itu, perusahaan tidak ingin kehilangan jika kamu melakukan pekerjaan yang berkualitas. Juga, sebagian besar bos mengetahui kerugian dari kelelahan.

Tawarkan solusi

Bersiaplah dengan solusi untuk masalah beban kerja jika ada. Jika mengurangi jam kerjamu akan menyebabkan perusahaan kekurangan tenaga, kamu dapat memiliki rencana alternatif untuk membantu hal itu.

Misalnya, kamu dapat memiliki rencana untuk menyelesaikan proyek tertentu dengan lebih efisien. Atau kamu dapat mendelegasikan beberapa tanggung jawab kepada anggota staf lainnya. Tentu saja, kamu harus mendapatkan persetujuan manajer untuk hal ini, tetapi ada baiknya membahas kemungkinannya.

Meminta umpan balik dari orang lain

Diskusikan kebutuhanmu akan penangguhan hukuman dari hari kerja yang lebih panjang dengan orang lain di tempat kerja. Mereka mungkin dapat memberikan feedback yang belum kamu pertimbangkan. Ini juga berguna untuk menyampaikan idemu kepada rekan kerja lain sebelum pergi ke manajer.

Terkadang masukan orang lain dapat memberimu dorongan yang kamu butuhkan untuk maju. Mungkin memberimu keberanian untuk melangkah dan mengatakan apa yang perlu dikatakan.

Tetap positif

Ketika kamu berbicara dengan manajermu, tetaplah optimis. Kamu tidak ingin menghadapi bosmu dengan sikap kalah atau seolah-olah kamu tidak bisa melanjutkan.

Jujurlah tentang kebutuhanmu, tetapi tunjukkan kepositifan tentang kemampuan untuk menyelesaikan berbagai hal. Ingat, kamu membawa solusi yang layak. Jadi, ksamu dapat memiliki pola pikir positif saat menghadiri rapat.

Tinggalkan Balasan