Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 8, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Go Digital untuk Perkuat Ekosistem Teknologi Bagi Perguruan Tinggi

Ilustrasi kampus go digital. (Istimewa)Ilustrasi kampus go digital. (Istimewa)

Topcareer.id – Saat ini, perguruan tinggi di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan ekosistem teknologi di komunitasnya. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mulai go digital dengan mengintegrasikan berbagai aktivitas administrasi maupun belajar mengajar dengan berbagai platform teknologi.

Contohnya berbagai produk Google Workspace for Education seperti Google Docs, Google Slides digunakan sebagai alat pembelajaran digital untuk meningkatkan kolaborasi antar mahasiswa dan dosen dalam mengerjakan tugas.

Menurut siaran pers Google Indonedia, Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang telah menerapkan ekosistem teknologi yang terintegrasi.

Pada pertengahan tahun 2022, UNNES melakukan upgrade 38.000 akun Google Workspace for Education Fundamentals ke Google Workspace for Education Plus.

Upaya ini diharapkan dapat membuat komunitasnya lebih terbiasa dan terampil dalam menggunakan teknologi sehari-hari. Dengan adanya upgrade ke Education Plus, UNNES memiliki kapasitas ruang penyimpanan di Google Drive yang lebih besar untuk mendukung kebutuhan civitas academica dan para alumni.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP Sudah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Google Workspace for Education Plus hadir untuk memberikan lebih banyak manfaat yang membantu perguruan tinggi go digital dan menciptakan ekosistem teknologi yang lebih kuat. Manfaat tersebut seperti:

1. Mempermudah kolaborasi dan meningkatkan produktivitas, fitur yang saling terhubung membuat pengguna bisa membuka dokumen atau melakukan penyuntingan sehingga tercipta real-time online collaboration.

2. Mengelola puluhan ribu akun secara terpusat, staf IT universitas dapat mengelola puluhan ribu akun yang ada di ekosistem pembelajaran secara terpusat. Contohnya, dalam hal keamanan akun dan laporan dalam bentuk data.

3. Membantu dosen menjalankan peran sesuai Tri Dharma perguruan tinggi, pengajar dapat melakukan pendidikan dan pengajaran; penelitian, dan pengabdian masyarakat secara karena bisa work from anywhere.

4. Ekonomis, Google Workspace for Education Plus menyediakan segala fitur yang memenuhi kebutuhan pengguna untuk berada di satu ekosistem Google Workspace dan tak perlu berpindah ke aplikasi lain untuk melakukan segala tugasnya.

Tinggalkan Balasan