Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kalau Perekrut Bilang 5 Hal Ini Saat Interview, Kemungkinan Kamu Nggak Lolos

Ilustrasi interview kerja.Ilustrasi interview kerja. (Dimas/Topcareer.id)

Topcareer.id – Kadang ketika kita sedang wawancara kerja, akan menebak-nebak apakah para perekrut menyukai kita atau tidak. Bahkan setelah wawancara,kita akan memikirkan hal-hal yang seharusnya dikatakan, tetapi lupa menyebutnya.

Ada beberapa tanda yang bisa memberimu sedikit informasi tentang apa yang dipikirkan manajer perekrutan. Jika manajer perekrutan mengatakan 5 hal ini saat interview, itu berarti kamu kemungkinan besar tidak mendapatkan pekerjaan itu.

1. Kami akan menghubungi Anda

Ungkapan ini bisa tulus, tetapi biasanya berarti, “Saya tidak ingin menyakiti perasaan Anda, tetapi saya tidak berniat menawarkan pekerjaan itu kepada Anda.”

“Ini adalah ungkapan yang saya gunakan yang menawarkan sedikit komitmen di pihak saya,” tulis Ryan Luke, Penasihat Karier dalam laman Ladders.

“Ketika saya senang dengan seorang kandidat, saya biasanya mengatakan sesuatu yang lebih spesifik, seperti, ‘Kita harus tahu pada hari Jumat siapa kandidat teratas, dan saya akan memberi tahu Anda segera setelah saya mengetahuinya.’”

2. Kami masih memiliki banyak kandidat lain untuk diwawancarai

Ketika kamu mendengar ini, biasanya dapat diartikan untuk tidak terlalu mengharapkan sesuatu. Dengan kata lain, manajer memberi tahumu bahwa kamu mungkin tidak akan pernah mendengar kabar dari mereka lagi.

Jumlah kandidat yang tidak terbatas perlu diwawancarai, dan jelas, kamu bukan orangnya.

3. Bisakah saya memberi Anda beberapa saran?

Jika kamu adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu, kamu tidak memerlukan saran tambahan.

Baca juga: Berlebihan Dalam Perencanaan Bisa Jadi Kesalahan Raih Kesuksesan Karier

Jika manajer perekrutan ingin memberimu nasihat di akhir wawancara, itu berarti mereka umumnya menyukaimu, tetapi tidak mungkin kamu mendapatkan pekerjaan itu kecuali kamu melakukan sesuatu yang berbeda.

Jika manajer perekrutan bersedia meluangkan waktu untuk membimbingmu atau menawarkan saran gratis, ingatlah. Itu berarti kamu mungkin memiliki peluang di masa depan jika kamu terus meningkat.

4. Kami hanya mempekerjakan orang-orang terbaik untuk posisi tersebut

Dengan kata lain, “Jangan kecewa jika kami tidak menghubungi Anda, kami hanya mempekerjakan yang terbaik dari yang terbaik.”

Sekali lagi, sebagian besar manajer perekrutan tidak suka menyakiti perasaan orang lain, tetapi perusahaan tidak dapat mempekerjakan semua orang.

Menyatakan bahwa mereka hanya mempekerjakan kandidat terbaik menyiratkan tidak ada yang salah denganmu hanya karena kamu tidak mendapatkannya.

5. Seperti yang Anda ketahui, kami memeriksa profil media sosial setiap pelamar

Ketika sebuah pernyataan dimulai dengan cara ini, akhir cerita mungkin tidak akan berjalan dengan baik. Memberitahu pelamar tentang beberapa proses latar belakang yang dilakukan adalah cara untuk mengatakan, “Anda seharusnya tahu bahwa Anda tidak akan lulus proses latar belakang kami.”

Untuk menghindari rasa malu publik di masa mendatang, pastikan untuk menghapus akun media sosialmu dan memperhatikan apa yang kamu posting secara online.

Leave a Reply