Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Mau Kerja di Kapal Pesiar Gaji Dollar? Ini yang Perlu Kamu Persiapkan

Ilustrasi kapal pesiar.Kapal pesiar World Dream. (dok. The Straits Times)

Topcareer.id – Pekerja di kapal pesiar berasal dari berbagai bidang, dan di antaranya bisa dipelajari lewat Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) atau Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Jurusan Perhotelan dan Kapal Pesiar, khususnya konsentrasi studi kapal pesiar jadi salah satu pendidikan vokasi yang cukup diminati.

Dikrektur LKP Duta Persda Jogja, Avianti Kartikasari mengatakan, banyaknya peminat untuk bekerja di kapal pesiar tidak terlepas dari berbagai macam profesi dan gaji yang di atas rata-rata dengan angka minimal 1.000 USD.

Selain itu, tambah dia, berkarier di kapal pesiar juga mempunyai jenjang karier yang jelas dan dapat membangun networking secara internasional.

Beberapa profesi di kapal pesiar, di antaranya adalah staf kapal pesiar (cruise staff), pelayan kabin (room steward), chef, bahkan sampai manajer restoran. Namun, bekerja di kapal pesiar pun tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum terjun ke lapangan.

Jika kamu tertarik bekerja di kapal pesiar, berikut ini beberapa tips bekerja di kapal pesiar yang wajib kamu pahami menurut Avianti Kartikasari, dilansir dari laman resmi Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

1. Mempersiapkan mental dan fisik

Menurut Avianti, bekerja di bidang hospitality menjadi seorang staf kapal pesiar atau pelayan kabin harus memiliki mental yang senang melayani orang. Dalam pekerjaannya, kedua pekerjaan di kapal pesiar tersebut akan berhubungan erat dengan melayani tamu.

Maka dari itu, sambung Avianti, memiliki sikap ramah tamah dan murah senyum menjadi poin utama jika ingin bekerja di kapal pesiar.

Baca juga: 7 Keterampilan Teknologi Yang Paling Dibutuhkan Untuk Freelancer (Bagian 1)

Selain hal tersebut, ada beberapa industri kapal pesiar yang memberikan kualifikasi untuk fisik, seperti misalnya standar tinggi badan, buta warna, dan juga penyakit bawaan.

2. Memiliki kompetensi di bidangnya

“Industri membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan kompetensi yang mumpuni. Untuk itu, pendidikan vokasi melalui LKP atau LPP menjadi sarana yang bisa kamu ikuti jika ingin mendapatkan keterampilan di bidang hospitality, khususnya di bidang kapal pesiar,” sebut Avianti dalam laman resmi Vokasi Kemendikbudristek.

Misalnya adalah menjadi F&B service untuk restoran di kapal pesiar. Kamu diwajibkan untuk mengikuti uji kompetensi terlebih dahulu sehingga mendapatkan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu sudah memiliki keterampilan yang kompeten di bidang tersebut.

3. Mempunyai komunikasi yang baik

Ia melanjutkan, kemampuan berkomunikasi tak kalah penting saat bekerja, apalagi ketika bekerja di kapal pesiar. Untuk membangun komunikasi yang baik dengan orang lain, baik itu sesama staf dan juga tamu, kamu perlu memiliki kepercayaan diri untuk berkomunikasi.

Kemampuan komunikasi yang baik juga terlihat dari keterampilan berbahasa asing. Kapal pesiar berstandar internasional tentu saja menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Latih dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggris agar mempunyai keterampilan komunikasi yang baik.

Leave a Reply