Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Enam Poltekpar di Bawah Kemenparekraf Buka 3.805 Kuota Mahasiswa Baru

Poltekpar Kemenparekraf. (dok. Kemenparekraf)

Topcareer.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali membuka program penerimaan mahasiswa baru Politeknik Pariwisata (PMB-Poltekpar) tahun akademik 2023/2024 dengan total 3.805 kuota mahasiwa baru untuk enam Poltekpar di bawah naungan Kemenparekraf.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sumber daya manusia merupakan salah satu kunci utama dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Khususnya dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

PMB Tahun Akademik 2023/2024 dibuka untuk menjaring calon SDM Pariwisata terbaik untuk dididik menjadi insan hospitality yang unggul untuk mampu bekerja dan berwirausaha.

“Poltekpar lulusannya semua terserap industri dan sebagian ada yang menjadi tourismpreneur, technopreneur, dan sociopreneur. Karenanya kita terus menggalakkan untuk kuliah di Poltekpar aja,” kata Menparekraf dalam pers rilis pada Senin (13/2/2023).

Enam Poltekpar yang membuka pendaftaram mahasiswa baru di bawah naungan Kemenparekraf, yakni: Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

Baca juga: Pemerintah Tiongkok Buka Program Beasiswa ACYLS, Begini Kriterianya

Ada dua jalur penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Politeknik Pariwisata. Pertama adalah melalui Seleksi Bersama Masuk Politeknik Pariwisata yang berada di lingkungan Kemenparekraf.

Pendaftaran dan seleksi dilakukan secara bersama dan terintegrasi antara Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

Yang kedua adalah Seleksi Mandiri Masuk Poltekpar, yakni seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh Politeknik Pariwisata di bawah naungan Kemenparekraf sesuai dengan tahapan seleksi yang telah ditetapkan secara mandiri.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, pendaftar ditargetkan mencapai 400 persen dari kuota yang tersedia atau sekitar 15 ribu.

“Sehingga dari 15 ribu itu kita bisa dapatkan calon SDM yang unggul,” ujar Giri.

Jadwal pendaftaran PMB Poltekpar resmi dibuka mulai 13 Februari hingga 27 Mei 2023. Sementara proses seleksi akan berlangsung pada 5 sampai 9 Juni 2023.

Leave a Reply