Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 21, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemenhub Siapkan 10 Ribu Lebih Slot untuk Program Mudik Motor Gratis

Ilustrasi bermotor. Dok/Seva.idIlustrasi bermotor. Dok/Seva.id

Topcareer.id – Kementerian Perhubungan kembali menggelar program Motis (Motor Gratis) untuk mendukung Angkutan Lebaran 2023. Sebagai program rutin tahunan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Motis 2023 ditargetkan akan dapat melayani lebih dari 40 ribu penumpang.

“Tahun ini kami akan siapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang, terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono dalam siaran pers.

Djarot juga menjelaskan respons dan animo masyarakat akan diselenggarakannya program Motis setiap tahunnya menunjukan trend peningkatan yang cukup signifikan.

Baca juga: Jelang Periode Mudik Lebaran, Pemerintah Lakukan Sejumlah Persiapan

“Sejak awal diluncurkan pada 2013, minat masyarakat akan penyelenggaran Motis oleh pemerintah cukup tinggi, tercatat pada tahun 2019 sebanyak 19 ribu lebih unit sepeda motor telah berhasil difasilitasi pengirimannya secara gratis oleh DJKA,” tambah Djarot, dikutip Kamis (23/2/2023).

Dibandingkan tahun lalu, kapasitas penumpang dan unit sepeda motor yang disediakan pelayanannya pada Motis tahun ini jauh lebih meningkat dari realisasi 2900-an unit sepeda motor yang telah difasilitasi pada Motis 2022, tahun ini DJKA menargetkan sebanyak 46.720 penumpang akan diberangkatkan dalam program tahunan ini.

Motis 2023 akan melayani tiga lintas pelayanan diantaranya: Lintas Utara dengan rute Cilegon – Jakarta Gudang – Semarang Tawang; Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang – Purwosari dan Lintas Selatan dengan rute Kiraracondong – Purwosari.

“Dengan tiga lintas pelayanan angkutan motis di tahun ini, diharapkan perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodir dengan baik, momen ini sekaligus mengajak masyarakat agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan selamat,” tandas dia.

Leave a Reply