Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 22, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Penelitian: Robot akan Melakukan 39% Pekerjaan Rumah Tangga pada 2033

Ilustrasi peneliti MIT menyebut bahwa gangguan akibat AI tidak akan terjadi dalam waktu dekat secara tiba-tiba.Ilustrasi peneliti MIT menyebut bahwa gangguan akibat AI tidak akan terjadi dalam waktu dekat secara tiba-tiba. (source: Shutterstock)

Topcareer.id – Menurut para peneliti di Inggris dan Jepang, robot akan melakukan 39 persen dari semua pekerjaan rumah tangga pada tahun 2033. Dalam 10 tahun ke depan, kira-kira empat dari 10 tugas di dalam dan di rumah akan dilakukan melalui teknologi otomatis.

Ilmuwan di Universitas Oxford dan Universitas Ochanomizu memperkirakan bahwa belanja makanan akan menjadi area yang paling banyak disaksikan melalui otomatisasi sementara menjaga anak-anak dan orang tua akan paling sedikit tersentuh oleh AI.

Temuan – yang tersedia melalui jurnal PLOS ONE – merupakan hasil dari pertanyaan “Jika robot akan mengambil pekerjaan kita, apakah mereka setidaknya juga akan membuang sampah untuk kita?”

Laporan tersebut mencatat bagaimana baru-baru ini, robot “untuk tugas-tugas rumah tangga” seperti penyedot debu telah menjadi robot yang paling banyak diproduksi dan dijual di dunia.

Baca juga: Program Motis, Mudik Naik Kereta Bawa Motor Cukup Bayar Rp20 Ribu

Pekerjaan mereka melibatkan 29 pakar AI yang berbasis di Inggris dan 36 AI yang berbasis di Jepang untuk prediksi mereka tentang teknologi robot di lingkungan domestik.

Pakar pria Inggris cenderung lebih positif tentang prospeknya dibandingkan dengan pakar wanita; situasi bertukar di Jepang.

“Hanya 28 persen pekerjaan perawatan, termasuk aktivitas seperti mengajar anak Anda, menemani anak Anda, atau merawat anggota keluarga yang lebih tua, diperkirakan akan otomatis,” kata Dr Lulu Shi, seorang peneliti pascadoktoral di Oxford, dikutip dari laman Channel News Asia.

Leave a Reply