Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Tips Sukses Hadapi Interview Kerja untuk Kaum Intovert

Ilustrasi.

Topcareer.id – Saat wawancara kerja, kamu tentu perlu membuktikan dan meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah orang yang tepat berdasarkan riwayat pekerjaanmu. Kamu juga perlu membuktikan bahwa kamu gampang diajak kerja sama. Dan mungkin kamu perlu menunjukkan kepribadianmu.

Ini tentu jadi tindakan yang sulit bagi siapapun, khususnya para introvert, yang mungkin lebih pemalu sehingga merasa sangat sulit.

“Salah satu pertanyaan paling umum yang kami dapatkan dari pencari kerja yang menggambarkan diri sebagai ‘introver’ adalah bagaimana berbicara dengan percaya diri tentang diri mereka sendiri, keterampilan, dan pencapaian karier mereka selama wawancara,” kata Toni Frana, pakar karier utama di situs pencari kerja, FlexJobs mengutip laman CNBC Make It.

Berikut adalah empat tips wawancara untuk introvert.

1. ‘Anggap saja sebagai sesi untuk mengenal dirimu’

Salah satu taktik yang mungkin bisa membantu meredam ketegangan saat kamu bersiap dan memasuki wawancara adalah membingkai ulang percakapan.

“Anggap saja sebagai sesi untuk mengenal dirimu. Banyak orang terbiasa melakukan itu setiap hari dan itu terasa nyaman. Mereka bisa melakukannya dalam tidur mereka,” kata Yolanda Owens, pakar karier di situs pencarian kerja The Muse.

Dia juga menyarankan untuk berpura-pura, setidaknya pada dirimu sendiri, bahwa kamu sudah memiliki pekerjaan dan bahwa pertemuan itu lebih tentang perasaanmu terhadap proyek potensial yang akan datang.

Apa pun pendekatamu, idenya adalah bahwa melakukan kerangka ulang situasi dapat membantu menghilangkan sebagian tekanan.

2. ‘Persiapkan diri sebaik mungkin’

Seperti apapun, persiapan adalah kuncinya.

“Siapkan apa yang akan kamu katakan di awal wawancara dan bagaimana kamu akan mengatakannya, jaga nada bicaramu tetap percaya diri, ramah, dan profesional,” kata Frana.

Ia menambahkan, kamu tidak perlu menulis intro dan menghafalnya kata demi kata, tetapi catat beberapa ide untuk memulai dan mengingatnya sehingga kamu memiliki sedikit arahan.

Baca juga: Jebakan Karier Yang Lebih Buruk Dari Impostor Sindrom: Kurang Orisinil

“Bersiaplah sebaik mungkin sebelum wawancara, termasuk basa-basi, yang dapat membuat kandidat yang tidak siap tersandung dan menyebabkan mereka terlalu banyak berpikir atau merasa kewalahan.”

3. ‘Mendekatinya dengan cara yang terasa lebih alami bagimu’

Apakah ada alat yang akan membuat proses wawancara lebih mudah bagimu? Beberapa orang suka menggunakan visual selama presentasi, misalnya, apakah itu tayangan slide atau contoh fisik dari pekerjaan mereka. “Saya suka berpikir keras. Saya akan membawa buku sketsa dan saya akan menggambar semuanya saat saya berbicara,” kata Owens.

“Dekati dengan cara yang terasa lebih alami bagimu, dan bawa barang apa pun yang kamu butuhkan yang masuk akal untuk wawancara,” tambahnya.

4. ‘Kamu bisa andalkan sifat introvertmu’

Ada juga sifat-sifat introvert yang sangat bermanfaat untuk wawancara kerja.

“Secara umum, introvert adalah pendengar yang bijaksana yang seringkali perlu memikirkan dengan hati-hati tentang apa yang akan mereka katakan sebelum berbicara,” kata Frana.

“Jika dihadapkan dengan pertanyaan yang menantang, atau kamu hanya perlu waktu ekstra untuk memberikan jawaban, bersandarlah pada sifat introvertmu.”

Jika muncul pertanyaan yang kamu tidak yakin bagaimana menjawabnya, tidak apa-apa meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang ingin kamu katakan. Itu bisa mengarah pada jawaban yang lebih kuat daripada langsung mengatakan apa yang terlintas dalam pikiran.

Leave a Reply