Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Rata-Rata Pendapatan per Bulan Peserta Prakerja Naik Rp122.500

Program kartu prakerja

Topcareer.id – Berdasar hasil evaluasi J-PAL SEA 2021 menyatakan bahwa rata-rata pendapatan per bulan penerima program Kartu Prakerja meningkat Rp122.500 atau lebih tinggi 10 persen dari bukan penerima.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjabarkan strategi dan hasil evaluasi Program Kartu Prakerja setelah tiga tahun berjalan.

Tahun pertama strategi program fokus pada inovasi dan iterasi untuk membangun ekosistem dan mematangkan proses. Di tahun kedua, Prakerja membuka diri untuk evaluasi mengingat besarnya alokasi program.

“Alhamdulillah, hasil evaluasi positif. Prakerja terbukti menaikkan ketahanan pangan, menopang daya beli, meningkatkan inklusi keuangan, meningkatkan kebekerjaan dan kewirausahaan,” kata Denni dalam siaran pers, dikutip Jumat (17/3/2023).

Baca juga: Tiket Mudik Gratis 2023 Ditjen Hubdat Ludes Kurang Dari 24 Jam

“Hasil evaluasi J-PAL SEA 2021 menyatakan bahwa rata-rata pendapatan per bulan penerima meningkat Rp 122.500, lebih tinggi 10% dari non-penerima,” tambah dia.

Di tahun ketiga, lanjut Denni, Prakerja memperluas edukasi program, dalam dan luar negeri. Dengan bermodal hasil evaluasi, Prakerja bisa berbagi pengalaman dan membangun optimisme.

Pelaksanaan program Prakerja juga efisien, karena biaya operasi PMO hanya 0,59% dari total anggaran. “Itupun Prakerja masih memberikan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) ke Kemenkeu sebesar Rp 237,8 miliar,” ujarnya.

Leave a Reply