Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hati-Hati, Ada 3 Pertanyaan Jebakan yang Muncul Saat Nego Gaji

wawancara kerja dengan pertanyaan klasik jangan diabaikan.

Topcareer.id – Perusahaan secara rutin merekrut orang baru dan menegosiasikan gaji sebagai bagian dari prosedur operasi standar mereka. Dengan kata lain, mereka adalah para profesional, dan kamu mungkin sangat tidak siap menghadapi taktik mereka saat negosiasi gaji.

Ada beberapa pertanyaan jebakan yang digunakan pemberi kerja selama negosiasi untuk menguncimu dalam paket gaji yang lebih kecil daripada yang kamu harapkan. Melansir Ladders, berikut 3 pertanyaan jebakan dalam negosiasi gaji.

1. Apa persyaratan gaji Anda?

Dengan kata lain, kamu ingin dibayar seperti apa untuk posisi ini? Alasan mengapa ini adalah pertanyaan jebakan adalah karena jawabanmu dapat berdampak serius pada negosiasi gajimu. Jika kamu memberi angka, kamu cukup bertaruh besar pada wawancara ini.

Jika nomor yang kamu berikan lebih rendah dari yang disiapkan perusahaan, kamu telah mengunci diri ke dalam paket yang lebih kecil. Namun, jika kamu mengatakan angka yang terlalu tinggi, kamu dapat menakut-nakuti pemberi kerja agar tidak menawarkan paket apa pun kepadamu.

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah menjawab pertanyaan perusahaan dengan pertanyaanmu sendiri. Tanyakan kepada pemberi kerja, “Saya akan tertarik mendengar kisaran gaji untuk posisi ini sebelum saya berkomitmen pada suatu angka.”

Pengusaha biasanya akan memberikan rentang yang memberimu dua pilihan. Kamu dapat menanyakan titik tengah kisaran gaji atau mengatakan bahwa kamu ingin berada di tengah hingga atas kisaran gaji.

Baca juga: Kerja Bareng Workaholic? Ini 3 Tips Biar Nggak Ketularan Gila Kerja

2. Berapa penghasilan Anda pada posisi Anda saat ini?

Jika calon pemberi kerja telah menganggarkan Rp7 juta untuk posisimu, tetapi kamu mengatakan bahwa pemberi kerja saat ini membayar Rp5 juta, mereka biasanya akan mulai dengan tawaran yang jauh lebih rendah sedikit di atas gajimu saat ini. Ini akan menempatkanmu pada posisi yang tidak menguntungkan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, tanggapi dengan sopan dan geser arah. Tanggapan yang bagus adalah, “Saya lebih suka tidak mengomentari situasi saya saat ini karena posisi ini membutuhkan tanggung jawab yang berbeda dari posisi saya saat ini. Setelah kita membahas tanggung jawab pekerjaan untuk posisi ini, saya yakin kita bisa mendapatkan gaji yang wajar. “

Jawaban ini menunjukkan bahwa kamu memahami dan menghargai pertanyaan tetapi ingin memisahkan kedua pekerjaan tersebut tanpa mengungkapkan terlalu banyak informasi.

3. Kami sedang mempertimbangkan untuk menawarkan paket gaji Rp7 juta. Bagaimana kedengarannya?

Dalam skenario ini, Rp7 juta dapat berupa jumlah berapa pun yang ditawarkan. Jika harga awal yang ditawarkan kepadamu persis seperti yang kamu inginkan, kamu dapat menerimanya. Namun, kamu juga dapat melihat apakah kamu bisa mendapatkan sedikit lebih banyak dari itu.

Misalnya, kamu dapat membalas dengan, “Saya menghargai tawaran tersebut dan ingin sekali bergabung dengan perusahaan Anda. Namun, saya berharap mendapatkan tawaran sekitar Rp7,5 juta Jika kamu bisa menaikkannya sedikit, saya bisa mulai dalam dua minggu ke depan.”

Menggunakan template ini akan membantah argumen mereka dengan sedikit dorongan yang tidak menyinggung. Ingatlah, berapa pun jumlah yang kamu sarankan, kamu harus bersedia menerimanya.

Leave a Reply