Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 14, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19Tren

WHO Nyatakan Status Darurat Covid-19 Sudah Berakhir

Tedros Adhanom Ghebreyesus

Topcareer.id – Ketika Indonesia mengalami kenaikan kasus Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan bahwa penyebaran Covid-19 bukan lagi berstatus darurat kesehatan masyarakat global.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensinya di Jenewa, Jumat (5/5/2023) mengatakan, selama lebih dari satu tahun, pandemi telah mengalami tren penurunan dengan peningkatan kekebalan populasi dari vaksinasi dan infeksi, penurunan angka kematian, dan tekanan pada sistem kesehatan yang sudah berkurang.

“Tren ini telah memungkinkan sebagian besar negara untuk hidup kembali seperti yang kita ketahui sebelum Covid-19. Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Tedros dalam keterangannya.

Hampir 7 juta orang telah meninggal akibat virus di seluruh dunia sejak WHO pertama kali mengumumkan keadaan darurat pada 30 Januari 2020, menurut data resmi organisasi PBB tersebut. Tedros mengatakan jumlah kematian sebenarnya setidaknya 20 juta.

Keputusan WHO muncul ketika Amerika Serikat (AS) akan mengakhiri darurat kesehatan masyarakat nasionalnya pada hari Kamis.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Pemerintah Minta Masyarakat Disiplin Masker Lagi

Tedros mengatakan masih ada risiko munculnya varian baru dan menyebabkan lonjakan kasus lainnya. Dia memperingatkan pemerintah nasional agar tidak membongkar sistem yang telah mereka bangun untuk melawan virus.

“Virus ini ada di sini untuk tinggal. Itu masih membunuh dan masih berubah,” katanya.

Tetapi kepala WHO mengatakan sudah tiba waktunya bagi negara-negara untuk beralih dari tanggap darurat ke penanganan Covid seperti penyakit menular lainnya.

Covid pertama kali diamati di Wuhan, China, pada Desember 2019, ketika beberapa pasien mulai mengalami gejala pneumonia yang tidak diketahui penyebabnya.

Covid bergerak cepat di seluruh dunia pada awal tahun 2020 yang menyebabkan penutupan perjalanan internasional dan penutupan perbatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena negara-negara tidak berhasil mencegah penyebaran virus.

Leave a Reply