Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Survei: Makin Banyak Milenial dan Gen Z Menuntut Work Life Balance

ilustrasi. Sumber foto: thebalancesmb.comilustrasi. Sumber foto: thebalancesmb.com

Topcareer.id – Menurut survei dari firma konsultan Deloitte terhadap lebih dari 22.000 Generasi Z (gen Z) dan Milenial di seluruh dunia, dua generasi ini ternyata mengagumi kemampuan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan prioritas hidup atau work life balance.

Gen Z dan milenial terus memikirkan kembali identitas mereka terkait dengan pekerjaan mereka, terutama di tengah inflasi tinggi, suku bunga KPR yang lebih tinggi, dan ketidakpastian ekonomi.

Hampir setengah dari Gen Z — dan mayoritas milenial — mengatakan bahwa pekerjaan mereka masih menjadi pusat rasa identitas mereka, nomor dua setelah keluarga dan teman mereka, demikian temuan survei tersebut.

Namun ada keinginan kuat di antara generasi ini untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Faktanya, lebih dari sifat lain di antara rekan-rekan mereka, Gen Z dan milenial mengagumi kemampuan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan prioritas hidup, demikian temuan survei tersebut.

“Dulu saya selalu berpikir, kerja hanyalah kerja, dan itu tidak terlalu penting. Lebih penting bagi saya untuk mencapai tujuan pribadi saya. Kerja adalah alat untuk mencapai tujuan. Bagaimanapun, semakin saya bekerja, semakin saya perhatikan bahwa kepercayaan diri saya sangat ditentukan olehnya,” kata seorang milenial di Jerman, menurut survei tersebut, mengutip Insider.

Baik Generasi Z maupun milenial khawatir jika ekonomi memburuk, akan mempersulit pekerja muda untuk meminta fleksibilitas di tempat kerja dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja mereka, demikian temuan survei tersebut.

Baca juga: Simak, 5 Jenis Konten Ini Bisa Tingkatkan Engagement

Meskipun responden yakin pengusaha telah membuat kemajuan yang memungkinkan keseimbangan kerja/kehidupan yang lebih baik sejak pra-pandemi, menurut survei tersebut.

Karena semakin banyak anggota Gen Z (lahir antara 1997 dan 2012) yang memasuki dunia kerja, mereka tidak malu menanyakan keseimbangan kehidupan kerja dalam wawancara kerja — dan mencari peringatan dari calon pemberi kerja.

Juliana Kaplan dan Rebecca Knight dari Insider menulis bahwa meskipun anggota tertua Gen Z belum lama bekerja di usia 27 tahun, mereka mulai bekerja selama pasar tenaga kerja yang ketat, di mana pengangguran rendah dan peluang tinggi.

Dan mereka tahu kekuatan yang mereka miliki — dan mereka baik-baik saja dengan membentuk kembali tempat kerja
Harapan dan impian Gen Z bukanlah satu ukuran yang cocok untuk semua, tulis Alexandra York dari Insider, karena mereka memprioritaskan fleksibilitas dan tujuan individu daripada pertumbuhan linier.

“Banyak yang tidak ingin mengambil jalur tradisional ke budaya 9-ke-5. Banyak orang mencoba mengambil jalur yang tidak dilakukan orang tua mereka.”

Leave a Reply