Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Mengenal Jurusan Kuliah Teknologi Laboratorium Medis dan Peluang Kerjanya

Ilustrasi jurusan kuliah Teknologi Laoboratorium Medis UM Surabaya.Ilustrasi jurusan kuliah Teknologi Laoboratorium Medis UM Surabaya. (dok. Humas UM Surabaya)

Topcareer.id – Kalau mendengar jurusan kuliah Teknologi Laboratorium Medis, mungkin yang paling sering terbayang adalah jurusan di bidang kesehatan dan banyak berkaitan dengan laboratorium. Jurusan kuliah ini sebelumnya lebih dikenal dengan jurusan Analis Kesehatan.

Melansir laman resmi UM Surabaya, dalam praktiknya mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan melakukan pengujian secara laboratoris dengan menggunakan pengetahuan dan metode dari disiplin ilmu biomedis untuk membantu dan atau menegakkan diagnosis penyakit, pemantauan pengobatan serta pencegahan penyakit pada manusia.

Dosen Sarjana Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Vella Rohmayani menjelaskan laboratorium kesehatan sebagai unit pelayanan penunjang medis, diharapkan dapat memberikan informasi yang cepat, teliti dan akurat tentang aspek laboratoris terhadap spesimen/sampel yang pengujiannya dilakukan di laboratorium.

Vella menyebut, laboratorium kesehatan dibutuhkan untuk keperluan menegakkan diagnosis, pemberian pengobatan, evaluasi hasil pengobatan, dan pengambilan keputusan lainnya.

Dalam keterangannya Vella membagikan peluang kerja menjanjikan untuk lulusan Sarjana Teknologi Laboratorium medis.

Baca juga: Fakta-Fakta Profesi Petugas Pemeriksa Jalur Kereta: Jalan 18 Km Sehari

1. Teknisi Penanganan Spesimen

Seseorang yang berprofesi sebagai teknisi penanganan specimen akan melakukan perencanaan, pengambilan, pemrosesan, pengkajian dan penilaian kualitas spesimen biologis uji laboratorium sesuai prosedur standar yang mempunyai nilai etika dan moralitas.

2. Teknisi Ahli Uji Spesimen

Mereka akan melakukan pengujian spesimen biologis untuk menghasilkan informasi diagnostik laboratorium yang tepat berdasarkan standar operasional prosedur dan perkembangan teknologi yang berjiwa entrepreneur.

3. Validator Hasil Uji Spesimen

Menurut Vella, teknisi laboratorium ini akan melakukan pengendalian mutu laboratorium, serta penilaian kesesuaian hasil uji spesimen secara analitik berdasarkan nilai-nilai islami

4. Penyelia (supervisor)

Penyelia kegiatan operasional dan manajerial dalam lingkup mutu pelayanan laboratorium yang berdasarkan nilai-nilai islami

5. Pengkaji dan Penerap Ilmiah

Seseorang yang bekerja pada profesi ini akan menjadi teknisi laboratorium yang melakukan perencanaan, pelaksana penelitian, dan penyusun laporan serta penyaji hasil penelitian dalam lingkup laboratorium medis berdasarkan moralitas dan intelektualitas.

Leave a Reply