Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Kebiasaan Ini Nunjukin Kalau Kamu Nggak Pede di Tempat Kerja (Bagian 2)

Ilustrasi work. Dok/Skillroads.comIlustrasi work. Dok/Skillroads.com

Topcareer.id – Apakah kamu berpikir bahwa kamu saat ini sudah cukup merasa percaya diri di lingkungan kantor? Bagaimana jika tindakan dan kebiasaanmu malah menunjukkan bahwa kamu nggak pede?

“Pola pikiran yang berasal dari caramu percaya diri menentukan cara kamu juga dalam berbicara kepada orang lain, menanggapi orang lain, dan berperilaku dalam semua situasi,” kata pelatih kinerja karir Charlotte Crabtree dalam Ladders.

Melansir Ladders, berikut tujuh hal yang menunjukkan bahwa kamu nggak pede di tempat kerja yang dapat merusak kariermu.

4. Tidak berbagi ide dalam rapat

Pernahkah kamu menggigit lidah dalam rapat hanya untuk menyesalinya nanti ketika lebih banyak orang senior berbagi wawasan yang tepat yang kamu pikirkan?

“Jika kamu tidak berkontribusi sesuatu atas apa yang harusnya kamu katakan, ini menunjukkan bahwa kamu mungkin tidak percaya pada diri sendiri atau ide-idemu cukup untuk menjamin menempatkan diri di luar sana,” menurut Crabtree.

5. Analysis paralysis (ketidakmampuan menganalisis)

“Setengah dari pertempuran dalam pengambilan keputusan adalah mempercayai diri sendiri untuk membuat keputusan yang tepat. Jika kamu menemukan bahwa ketika sampai pada itu, kamu tahu milikmu lebih baik daripada siapapun dan dapat dengan mudah membuat panggilan yang tepat, kamu jelas cukup kompeten dalam apa yang kamu lakukan dan ketahui.”

Baca juga: Kerja Di Bawah Tekanan, Tapi Tetap Bisa Produktif? Begini Caranya (Bagian 1)

6. Mengeluh tentang pekerjaan

Jika kamu menghabiskan waktu istirahat makan siang, malam hari, dan akhir pekan untuk mengoceh tentang bosmu, rekan kerjamu yang toxic, atau betapa konyolnya proses atau kolega baru, kamu mungkin merasa tidak dihargai di tempat kerja. Ini bisa menjadi pembunuh kepercayaan diri yang besar tetapi juga bisa menunjukkan kegoyahan dalam harga dirimu.

7. Ketidakpuasan kronis

Adalah normal untuk mengalami hari-hari yang buruk, tetapi memiliki minggu-minggu yang buruk yang berubah menjadi bulan-bulan dan kuartal-kuartal dan tahun-tahun yang buruk adalah tanda bahaya. Para profesional yang bahagia dan percaya diri cenderung meninggalkan kantor dengan perasaan senang hampir setiap hari meskipun terkadang ada rintangan di jalan.

“Kamu mungkin khawatir dari waktu ke waktu tentang tinjauan kinerjamu atau mendambakan sedikit umpan balik, tetapi jika kamu meninggalkan kantor hampir setiap hari dengan perasaan telah mencapai sesuatu, ini adalah tanda bahwa kamu mengakui pencapaianmu,” kata Crabtree.

Leave a Reply