TopCareerID

6 Tips Kembangkan Bisnis Online Biar Makin Cuan

Topcareer.id – Bukan tidak mungkin memperluas pasar dan meningkatkan penjualan usaha melalui pemanfaatan teknologi, apalagi di era digital saat ini. Ketatnya persaingan bisnis online mengharuskan para wirausaha digital untuk memahami berbagai cara memasarkan produknya melalui eCommerce.

Dalam pelatihan kewirausahaan digital Naik KeLaz oleh Lazada Indonesia, trainer dari Lazada University membagikan tips untuk mengembangkan bisnis online serta memaksimalkan potensi penjualan di era digital saat ini, melalui siaran pers pada Kamis (13/7/2023)

1. Menampilkan produk semenarik mungkin

Foto produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli, namun sering kali diremehkan oleh penjual. Usahakan tampilan etalase produk Anda eye-catching dengan menyajikan foto dan deskripsi produk yang jelas dan rinci.

Selain itu, pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menggambarkan fungsi, keunggulan, dan kualitas produk tersebut dengan jelas.

2. Perluas wawasan tentang meningkatkan trafik penjualan di e-Commerce

Gunakan judul yang sesuai, menarik, serta mengandung kata kunci (keyword) yang sering dipakai calon pembeli ketika mencari produk terkait. Lengkapi judul dengan merek dan/ nama toko, kata kunci kategori, tipe/ seri/ variasi, serta atribut utama dan detail produk lainnya pada kolom deskripsi produk.

Tampilkan foto produk semenarik mungkin, salah satunya dengan menambahkan keunggulan di foto produk, serta gunakan ‘harga coret’ dalam etalase produk yang menunjukkan produk tokomu sedang promo.

Selain itu, kamu dapat meningkatkan trafik tokomu dengan rutin mengunggah ‘feed’ di eCommerce. Lazada memiliki fitur ‘feed’, di mana produk yang kamu unggah dan tawarkan dapat dilihat berjuta pasang mata pelanggan yang sedang mencari produkmu.

3. Tingkatkan ulasan positif untuk toko dan produkmu dengan memberikan pengalaman belanja terbaik kepada pembeli

Ulasan positif atas toko dan produk Anda bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk pada akhirnya berbelanja di tokomu. Kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif serta layanan terbaik akan mendorong pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian positif terhadap produk dan tokomu.

Baca juga: Fakta-Fakta Kerja Jadi Mekanik Motor, Nggak Butuh Gelar Sarjana

Kirimkan pengingat kepada pembeli melalui chat untuk memberikan ulasan. Pemberian voucher diskon, gratis ongkir, serta paket best deals untuk pembelian berikutnya juga dapat menjadi salah satu cara mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk dan layanan tokomu.

4. Manfaatkan fitur live streaming untuk melibatkan pelanggan lebih dekat

Fitur live streaming dapat dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Tak hanya membantu memperkuat hubungan antar penjual dan calon pembeli, fitur live streaming LazLive di Lazada bisa membantu penjualan lebih laris karena calon pembeli bisa bertanya seputar produk yang mereka inginkan secara langsung sembari menyaksikan live yang terkadang juga menampilkan try-on produk.

5. Perluas pasar dan tambah penjualan melalui program affiliate

Program Lazada Affiliate memberikan kesempatan kepada individu, termasuk penjual online, untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan melalui link yang disebar di media sosial ataupun aplikasi pesan singkat.

Dengan menyebarkan link yang langsung mengarah pada produk atau tokomu, peluangmu mendapatkan penjualan dari link tersebut akan lebih tinggi, terutama bila kamu menyebarkan link tersebut di sebuah komunitas yang sesuai dengan target pasar.

6. Jangan berhenti untuk terus belajar dan berusaha

Diperlukan proses belajar yang terus menerus, baik untuk meningkatkan pemahaman teknis terkait dengan penggunaan fitur-fitur di platform eCommerce maupun untuk mengembangkan keterampilan terkait kewirausahaan digital lainnya.

Exit mobile version