Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 16, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Prakerja Gelar Indonesia Skills Week, Pelatihan Rp20 Ribu Hingga Gratis

Indonesia Skills Week digelar dengan menyediakan pelatihan murah hingga gratis. (Istimewa)Indonesia Skills Week digelar dengan menyediakan pelatihan murah hingga gratis. (Istimewa)

Topcareer.id – Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menggelar Indonesia Skills Week (ISW) yang menawarkan pelatihan gratis dan murah secara daring. Pelatihan-pelatihan yang disediakan lembaga pelatihan ini terbuka untuk semua orang.

Bahkan, pelatihan juga bisa diikuti oleh mereka yang sebelumnya dibatasi dalam Program Kartu Prakerja, sehingga para pelajar/mahasiswa, aparat sipil negara, anggota TNI/Polri, bahkan alumni Prakerja bisa mengikuti ISW.

“Event Indonesia Skills Week secara resmi saya luncurkan. Event ini diadakan per dua bulan selama seminggu yang merupakan kontribusi mitra-mitra Prakerja,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id, Kamis (10/8/2023).

Peluncuran Indonesia Skills Week sekaligus hadiah buat angkatan kerja yang hendak mengembangkan diri dan kemampuan dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Diharapkan angkatan kerja Indonesia memanfaatkan momen ini dengan mengambil pelatihan yang tersedia.

Denni menambahkan bahwa penyediaan pelatihan di Indonesia Skills Week tidak menggunakan dana APBN sama sekali karena disediakan oleh mitra Prakerja.

“Kepada para mitra, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi Anda membangun SDM Indonesia. Lewat Prakerja Anda tumbuh,” ujarnya.

Deputi III Kantor Staf Presiden Edy Priyono menambahkan bawa ISW dilaksanakan dalam rangka merespon minat dan kebutuhan masyarakat dan begitu besar pada program pelatihan.

Baca juga: Jadi Game Changer, Prakerja Akan Gelar Konferensi Internasional Bersama UNESCO

“Prakerja dijalankan dengan cara-cara baru. Makanya Prakerja inisiatif menyelenggarakan ISW untuk masyarakat Indonesia,” kata Edy yang juga Wakil Ketua Tim Pelaksana Prakerja.

Direktur Pemantauan dan Evaluasi Prakerja Cahyo Prihadi mengatakan pelaksanaan ISW untuk angkatan kerja yang tak bisa mendapatkan beasiswa pelatihan merupakan bentuk komitmen Prakerja untuk memberikan kesempatan mengembangkan diri kepada segmen yang lebih luas dan lebih berkelanjutan.

“Kita perlu memiliki kebiasaan pembelajaran sepanjang hayat atau lifelong learning,” kata dia.

Prakerja, lanjut Cahyo, akan selalu mendorong angkatan kerja mengembangkan keterampilan guna mendukung program Indonesia Emas 2045. “Salah satunya adalah menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas. Diharapkan ini bisa juga meningkatkan produktivitas pekerja Indonesia,” ujarnya.

Terdapat ribuan voucher pelatihan yang bisa diperebutkan dalam penyelenggaraan ISW 10-17 Agustus 2023. Event ISW ini menyediakan berbagai pelatihan dengan harga murah seperti Rp 20 ribu, bahkan gratis. Beberapa pelatihan lainnya juga ditawarkan dengan potongan harga hingga 50 persen.

Untuk mengikuti ISW, calon peserta harus mendaftar terlebih dahulu di situs https://skillsweek.prakerja.go.id/. Terdapat 289 pelatihan yang diantaranya mengenai etika berinteraksi di dunia bisnis, digital marketing, seni bernegosiasi, bahasa Inggris untuk TOEFL, data analis, dan juga IT developer.

Selain pelatihan gratis dan harga murah, ISW juga menggelar beberapa webinar yang bekerja sama dengan mitra Prakerja selama bulan Agustus 2023. Antara lain oleh Bukalapak, BNI, Gojek, SETC, Microsoft, GETI, Akademi Inonasi Indonesia, dan Coworking Space.

Leave a Reply