Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Monday, December 9, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Sekjen Kominfo: 2 Kunci Agar Perempuan Manfaatkan Ekonomi Digital

Ilustrasi ekonomi digital.Ilustrasi ekonomi digital. (Pexels)

Topcareer.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Mira Tayyiba menyampaikan ada dua kunci bagi perempuan agar dapat memanfaatkan ekonomi digital. Keduanya, yakni kapasitas sumber daya manusia dan pengusahaan teknologi digital.

Keduanya itu menjadi aspek penting agar perempuan mengambil peran lebih dalam ekosistem industri digital.

“Kalau mau bicara mengenai peran perempuan dalam ekonomi digital yang pertama sebagai pelaku sektor digital itu sendiri. Ini yang masih menjadi tantangan, misalnya STEM (Sains, Technology, Engineering, Math). Tingkat ketertarikan perempuan untuk masuk STEM masih sangat terbatas,” kata Mira dikutip siaran pers, Senin (4/9/2023).

Adapun hal kedua, Sekjen Mira Tayyiba menyatakan perempuan sebagai pengguna teknologi digital perlu meningkatkan kecakapan digital. Menurutnya, saat ini Kementerian Kominfo sudah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital.

Dalam roadmap tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah pengembangan talenta atau SDM digital melalui pelatihan tingkat dasar hingga lanjutan.

“Misalnya Digital Entrepreneurship Academy (DEA), merupakan salah satu pelatihan dari program talenta digital yang memang fokus kepada perempuan dan 61% pesertanya adalah perempuan,” ujarnya.

Baca juga: Pantau 24 Jam, Menkominfo: Kita Darurat Judi Online

Dalam kesempatan, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I Angkatan LXII Tahun 2023 Lembaga Administrasi Negara, Sekjen Mira memberikan saran kepada peserta PKN Tingkat I LXII LAN agar terus memberikan perhatian lebih kepada perempuan untuk bisa memanfaatkan berbagai potensi dari berkembangnya industri digitalisasi di Indonesia.

“Untuk melengkapi policy briefing memang kalau untuk digitalnya sudah tepat, tapi kalau boleh usul digital itu adalah ekosistem yang punya kemampuan digital. Kemudian bisa berwirausaha, misalnya bisnis lebih tinggi maka akses pembiayaan perempuan juga harus dipikirkan,” tuturnya.

Sekjen Kementerian Kominfo menilai kemudahan bisnis untuk UMKM perempuan juga harus dipermudah dengan menanamkan prinsip kemampuan digital. Sehingga untuk merealisasikan ke dalam suatu bentuk usaha seperti e-commerce memerlukan model atau program yang telah disiapkan.

“Jadi akses itu sebaiknya juga dilengkapi dalam policy brief karena ini mengakselerasi ekonomi digital harus ada nilai ekonominya. Bicara soal UMKM pada umumnya, akses pembiayaan dan sebagainya harus menjadi satu ekosistem yang melengkapi bagaimana perempuan dengan keterampilan digitalnya bisa mengakselerasi ekonomi digital,” jelasnya.

Leave a Reply