Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Nggak Ada Kabar 3 Hari Setelah Interview? Begini Cara Minta Feedback-nya

Searching job-ilustrasi tips lancar pencarian kerja 2024 menurut LinkedIn.Searching job-ilustrasi tips lancar pencarian kerja 2024 menurut LinkedIn. (Pexels)

Topcareer.id – Beberapa waktu hingga hari berlalu setelah wawancara, namun kadang kandidat bingung bagaimana meminta feedback setelah wawancara berlalu, apalagi setelah berhari-hari. Sementara, perekrutan itu sendiri bisa menjadi proses yang sangat besar bagi orang-orang di dalamnya.

Jadi bagaimana kamu mencari tahu apakah kamu mendapatkan pekerjaan itu, dan mendapatkan umpan balik mengenai keterampilan, kesesuaian, atau wawancaramu?

Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapat feedback setelah wawancara berakhir beberapa hari.

1. Minta umpan balik dan tanyakan tentang langkah selanjutnya

“Masuk akal untuk menindaklanjutinya sekitar tiga hari setelah wawancara untuk mendapatkan kejelasan mengenai waktunya,” kata Kelly Van Nelson, Managing Director Operations (Asia Pacific) at Serco, dikutip di laman Seek.

Baik telepon maupun email sama-sama cara yang tepat untuk bisa terhubung, namun ada satu cara yang lebih cocok tergantung pada jenis tindak lanjutnya.

“Jika kamu menerima email penolakan dan ingin menindaklanjuti untuk mendapatkan masukan, lebih baik menelepon agar kamu dapat mengajukan berbagai pertanyaan,” katanya.

Namun, tambah dia, jika pertanyaanmu merupakan tindak lanjut kapan kamu dapat mengetahui apakah kamu berhasil dalam lamaran tersebut atau tidak, maka email boleh-boleh saja.

Baca juga: Tips Cari Kerja Untuk Yang Sudah Berpengalaman

“Jika kamu masih ragu, aturan umumnya adalah menelepon terlebih dahulu dan jika kamu perlu meninggalkan pesan atau jika kamu tidak dapat tersambung, tindak lanjuti dengan email.”

2. Bersikaplah sopan dan sabar

Jaga komunikasimu tetap profesional, tidak peduli dengan siapa kamu berkomunikasi atau bagaimana caranya.

“Penting juga untuk tetap fleksibel jika wawancara kedua diminta atau tempat kerja memerlukan lebih banyak waktu atau informasi lebih lanjut untuk mengambil keputusan. Cobalah untuk bersedia dan memahami persyaratan tambahan apa pun,” kata Van Nelson.

3. Ketahui kapan saatnya untuk melepaskannya

Tetap aktif dalam pencarian pekerjaanmu sambil menunggu. “Betapapun baiknya wawancara yang kamu lakukan, jangan pernah membatalkan wawancara mendatang lainnya yang telah kamu jadwalkan untuk peran berbeda, atau berhenti mencari pekerjaan hanya karena alasan ini,” saran David Cawley, Senior Director of Hays.

Menurut Nelson, beberapa proses rekrutmen memakan waktu lebih lama dibandingkan yang lain. Namun jika kamu belum menerima masukan lebih lanjut dalam seminggu, inilah saatnya mengalihkan energi dan fokusmu ke peluang berikutnya.

Leave a Reply