Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mulai Hari, Ini Masyarakat Bisa Naik Kereta Cepat Gratis

Whoosh telah mengangkut 352 ribu penumpang selama beroperasi.Whoosh telah mengangkut 352 ribu penumpang selama beroperasi.

Topcareer.id – Mulai 15 September 2023 KCIC resmi menjalankan uji coba operasional dengan penumpang tidak berbayar alias gratis untuk dapat menggunakan Kereta Api Cepat (KA Cepat) Relasi Jakarta-Bandung.

Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa menyampaikan bahwa uji coba dilakukan setelah izin dari Kementerian Perhubungan dikeluarkan pada Kamis 14 September.

“Adapun keterlibatan masyarakat yang merupakan bagian dari uji coba KA Cepat ini akan terus dilakukan hingga 30 September 2023,” kata Eva dalam keterangan tertulis yang diterima Topcareer.id, Jumat (15/9/2023).

Lebih lanjut Eva mengatakan, untuk tahap awal, masyarakat yang diutamakan dapat mengikuti kegiatan uji coba ini adalah warga yang tinggal di sekitar jalur lintas KA Cepat.

“Guna memberikan apresiasi KCIC atas peran serta masyarakat sekitar jalur yang selama ini memberikan dukungan hingga proses pembangunan KA cepat berjalan lancar,” ujar dia.

Pada proses uji coba penumpang tidak berbayar tersebut setiap harinya akan terdapat 4 jadwal keberangkatan dengan mekanisme setiap penumpang akan mendapatkan perjalanan pulang pergi (PP) Halim – Tegalluar dan sebaliknya.

Sehingga, lanjutnya, secara total setiap harinya terdapat 8 perjalanan KA Cepat. Selama masa uji coba setiap harinya akan terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk.

Saat ini melalui pendataan terdapat 98 desa/kelurahan dari 32 kecamatanyang tersebar di 9 kota/kabupaten di sepanjang jalur KA Cepat.

Baca juga: Menhub Targetkan Kereta Cepat Bisa Beroperasi Pada Oktober 2023

“Warga tersebut melakukan pendaftaran melalui kecamatan setempat dan secara bergiliran akan mencoba perjalanan dengan kereta cepat melalui pengaturan keberangkatan secara khusus,” imbuhnya

Ia menambahkan, besarnya dukungan masyarakat sekitar jalur KA Cepat tak lepas dari tingginya antusiasme warga terhadap hadirnya moda transportasi masal modern. Terlebih Indonesia jadi negara pertama di Asia Tenggara yang berhasil membangun teknologi kereta cepat berstandar dunia.

Forum-forum diskusi bersama warga sekitar trase KA Cepat menjadi salah satu pendukung dalam proses pembangunan KA Cepat. Proses pembangunan KA Cepat tidak akan bisa berjalan mulus tanpa dukungan yang baik dari masyarakat disekitar jalur KA Cepat.

Selain masyarakat terdampak, masyarakat umum lainnya juga bisa mengikuti kegiatan uji coba KA Cepat dengan penumpang tidak berbayar.

“Adapun kesempatan pada masyarakat umum untuk mencoba dan merasakan sensasi naik KA Cepat pertama di Asia Tenggara ini dapat dilakukan secara mandiri melalui website resmi KCIC yang dapat dilakukan mulai Sabtu 17 September 2023. Informasi link terkait pendaftaran uji coba akan diumumkan secara resmi melalui saluran informasi resmi KCIC salah satunya akun resmi @keretacepat_ID,” ucapnya.

Sementara sebagai apresiasi atas dukungan seluruh stakeholder yang langsung ikut mensukseskan kelancaran persiapan operasional KA Cepat, KCIC juga telah mengalokasikan undangan bagi para stakeholder terkait untuk mengikuti perjalanan KA Cepat relasi Jakarta Bandung.

Leave a Reply