Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Pendaftaran Beasiswa Persiapan Studi Lanjut S1-S2 Dibuka, Cek Syarat Ketentuan

Beasiswa studi lanjut KemenagBeasiswa studi lanjut Kemenag

Topcareer.id – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Perguruan Tinggi Islam (Diktis) membuka kesempatan bagi para siswa MA/SMA/sederajat untuk mempersiapkan lebih awal rencana studi lanjut di perguruan tinggi.

Kesempatan yang sama juga diberikan bagi mahasiswa S1 yang akan melanjutkan kuliah S2. Akses ini didesain oleh Diktis Kemenag dalam bentuk Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL).

“Kami undang para siswa MA/SMA yang ingin kuliah untuk ikut Program Persiapan Studi Lanjut. Juga mahasiswa S1 yang akan melanjutkan kuliah S2,” kata Kasubdit Ketenagaan Diktis, Ruchman Basori dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa (19/9/2023).

“PPSL didesain sebagai program afirmasi dan perluasan akses kuliah. Program ini gratis alias tidak dipungut biaya,” lanjut dia.

Ruchman menambahkan, akses pendidikan tinggi warga Indonesia masih sangat rendah. Berdasarkan survei LSI Denny JA pada Agustus 2023, mayoritas pendidikan masyarakat Indonesia hanya tamat SD ke bawah, yaitu 41,80%. Pada urutan berikutnya tamat SMA/sederajat (30,50%), lalu tamat SMP/sederajat (19,90%). “Sementara yang lulusan D3 ke atas hanya 7,80%,” sebutnya.

“Ini kontras dengan data warga berpendidikan tinggi di sejumlah negara maju, misalnya Kanada 56,27%, Jepang 50,50%, Israel 49,90%, Korea Selatan 46,86%, dan Inggris 45,96%,” ujar dia.

Menurut Ruchman, PPSLbertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Siswa/siswi berprestasi MA/MAK/Satuan Pendidikan Sederajat kelas 11-12 untuk Program Persiapan Studi Lanjut S1 dan mahasiswa S1 (Minimal semester 7) pada tahun pelajaran/akademik 2023 untuk lanjut S2.

Kasubdit Pengembangan Akademik Abdullah Faqih menjelaskan, PPSL dirancang dengan pendekatan Blended Learning Online. Blended yang dimaksud adalah penggabungan antara pendekatan asynchronous dan synchronous (online).

Baca juga: BSI Buka Program Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi Dan Prasejahtera

“Sehingga, peserta dapat mengakses materi pelajaran secara fleksibel sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” sebut pria yang akrab disapa Ruchman ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs web resmi PPSL Kemenag (https://beasiswa.kemenag.go.id/program-persiapan-studi-lanjut-ppsl/), 4 – 29 September 2023.

Menurut Faqih, program ini dibuka untuk masyarakat Umum (santri, siswa, mahasiswa), guru dan tenaga kependidikan binaan Kemenag, serta pegawai/ASN Kemenag yang memenuhi kriteria dan syarat pendaftaran.

Syarat PPSL:

1. Warga negara Indonesia (WNI);
2. Siswa/siswi berprestasi MA/MAK/Satuan Pendidikan Sederajat kelas 11-12 untuk Program Persiapan Studi Lanjut S1;
3. Mahasiswa S1 (Minimal semester 7) pada tahun pelajaran/akademik 2023/2024 untuk PPSL S2.
4. Mendapat rekomendasi dari Kepala Satuan Pendidikan (bagi Siswa/Guru/Tenaga Kependidikan), Ketua Program Studi (bagi Mahasiswa/alumni PTK/PBSB), atau atasan tempat bekerja bagi Pegawai Kementerian Agama.
5. Harus bersedia menandatangani Surat Pernyataan dan Komitmen Pendaftar Beasiswa di atas materai Rp10.000 sesuai dengan ketentuan-ketentuan.
6. Memiliki skor kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan melalui skor tes Bahasa Inggris
Untuk siswa MA/MAK/sederajat peserta PPSL S1: TOEFL ITP 500, TOEFL IBT 61, TOEFL CBT 173, IELTS 5,5, atau Duolingo English Test 100.
Untuk mahasiswa S1 yang ikut PPSL S2: TOEFL ITP 525, TOEFL IBT 80, TOEFL CBT 214, IELTS 6,0, atau Duolingo English Test 115

“PPSL adalah bagian dari program Beasiswa Indonesia Bangkit yang berlangsung satu semester. Peserta akan mendapatkan beasiswa selama mengikuti program, berupa living cost dan biaya pendidikan. Karenanya, pendaftar harus memastikan tidak sedang atau akan menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama mengikuti Beasiswa Indonesia Bangkit,” tandas Faqih.

Leave a Reply