Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 3, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kenali Penyebab Maag Akut dan Tips Menghindarinya

Ilustrasi maag akut.Ilustrasi maag akut. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Maag atau gastritis sering dikaitkan dengan sebab makanan, padahal ada faktor lainnya mengapa kondisi ini bisa timbul, termasuk stress. Untuk diketahui, maag akut yang dibiarkan terus-menerus dan tidak ditangani bisa berubah menjadi maag kronis.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dr. Fatimah Masyhur menyampaikan bahwa berdasarkan waktunya, gastritis diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu gastritis akut dan gastritis kronis.

Fatimah juga menjelaskan bahwa gastritis ini bukanlah penyakit, melainkan kumpulan dari gejala. Disebut sebagai gejala, sebab terdapat proses peradangan di lambung.

Masyarakat umumnya mengalami maag akut yang gejalanya masih terbilang ringan. Maag akut ini tidak akan menyebabkan kematian. Bahkan biasanya sangat jarang terjadi komplikasi atau penyakit yang lebih berat.

“Karena ini bukanlah penyakit, saat gejalanya sudah hilang, ya sudah kondisinya membaik. Mungkin gejalanya akan muncul lagi beberapa kali. Namun jika bisa melakukan tata laksana dengan baik, otomatis akan muncul pada jangka waktu yang lama atau bahkan tidak muncul sama sekali,” kata Fatimah dalam rilis berita di laman resmi UMM, dikutip Rabu (27/9/2023).

Penyebab maag akut

Fatimah menyebutkan, pola hidup dan tingkat stress, menjadi penyebab terbanyak maag akut terjadi di masyarakat. Pola hidup yang dimaksud seperti mengonsumsi makanan dengan minyak berlebih, makanan asam, makanan pedas yang berlebih, dan makanan dengan kadar pengawet berlebih.

Baca juga: Hilangkan Lemak Perut? Ahli Gizi Sarankan 3 Makanan Ini

Begitupun dengan garam yang berlebih, merokok, kondisi medis yang tidak bisa dihindari, serta penggunaan zat-zat berbahaya dalam konsumsi makanan.

“Selain mengatur pola makan, kita juga harus mengendalikan tingkat stres. Yakni dengan cara rajin berolahraga, istirahat yang cukup serta hindari konsumsi obat tanpa resep dokter. Terutama obat anti inflamasi non-steroid maupun steroid,” imbuh dia.

Tips cegah maag akut

Fatimah lantas memberikan beberapa tips untuk mencegah terjadinya maag akut. Pertama, selalu ingat untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Kemudian menghindari untuk mengonsumsi makanan pedas, kecut, berminyak dan lemak berlebih. Terutama saat kondisi tubuh sedang tidak baik.

“Misalnya saat memiliki banyak aktivitas yang padat, istirahat yang kurang, atau makan tidak teratur. Jangan sembarangan mengonsumsi makanan. Kurangi juga konsumsi kafein, alkohol dan rokok,” tandas Fatimah.

Leave a Reply