Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, February 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Jelang Penutupan Pendaftaran CASN, 39% Pelamar Belum Submit dan Resume

Ilustrasi pelaksanaan seleksi CASN 2024 yang kini terbuka juga untuk talenta digital dan formasi di IKN.Ilustrasi pelaksanaan seleksi CASN 2024 yang kini terbuka juga untuk talenta digital dan formasi di IKN. (dok. Kementerian PANRB)

Topcareer.id – Terhitung pada Senin (9/10/2023) pagi atau jelang penutupan pendaftaran, menurut data Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebanyak 39% dari total pelamar pada seluruh formasi CPNS dan PPPK (guru, tenaga kesehatan, dan teknis) belum menyelesaikan pendaftaran.

Penutupan pendaftaran seleksi CASN TA 2023 dijadwalkan, Senin 9 Oktober 2023 Pukul 23.59 WIB sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Sejak awal pendaftaran dibuka, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengimbau agar pelamar memanfaatkan waktu pendaftaran yang sudah dimulai pada 20 September 2023 secara optimal dan tidak bergantung dengan update jumlah pelamar pada suatu formasi tertentu.

Berdasarkan data statistik pelamar pada pagi ini, terhitung untuk formasi CPNS dari total pendaftar (membuat akun) sebanyak 1.134.112 tetapi yang masih submit dan akhiri pendaftaran masih berkisar 55% pelamar.

Begitu juga dengan pelamar formasi PPPK Tenaga Kesehatan yang sudah membuat akun sebanyak 401.118 tetapi yang masih submit sebanyak 69%.

Baca juga: Demi Kelancaran CASN 2023, BKN Buka 3 Alternatif Helpdesk

Selain itu pelamar formasi PPPK Guru tercatat sudah membuat akun sebanyak 431.538 tetapi yang submit sudah sekitar 90% pelamar. Terakhir untuk pelamar formasi PPPK Teknis, jumlah pelamar membuat akun sebanyak 738.865 tetapi yang submit masih sebanyak 49% pelamar.

Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Nur Hasan menuturkan bahwa BKN juga terus mengupayakan portal pendaftaran dapat diakses semaksimal mungkin meskipun di tengah akses pelamar yang membludak karena kondisi kebanyakan pelamar yang mencoba mengakhiri pendaftaran dalam waktu yang bersamaan menjelang batas akhir pendaftaran.

“Dengan kondisi banyaknya pelamar yang menunggu submit dan resume serta mengakhiri pendaftaran menjelang batas waktu akhir pendaftaran tentu mempengaruhi kelancaran akses di portal,” kata Nur Hasan dalam keterangan tertulis, Senin, (9/10/2023).

Hal ini menurutnya sudah menjadi salah satu faktor yang diprediksi BKN sebelum pendaftaran dibuka dengan melakukan berbagai mitigasi di portal.

Oleh sebab itu menurutnya di samping BKN melakukan mitigasi secara teknis di portal pendaftaran, sejak awal para pelamar telah diimbau untuk menggunakan waktu pendaftaran yang tersedia semaksimal mungkin dan menghindari mengakhiri pendaftaran jelang batas waktu berakhir.

Leave a Reply