Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 3, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ada Temuan Roda LRT Jabodebek Cepat Aus, Kemenhub Percepat Perawatan

Roda LRT Jabidebek cepat aus, DJKA mempercepat proses perawatan sarana.Presiden Joko Widodo Roda LRT Jabidebek cepat aus, DJKA mempercepat proses perawatan sarana. (dok. Kemenhub)

Topcareer.id – Berdasarkan temuan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), ada pengikisan (aus) pada ruas-ruas jalur tertentu pada LRT Jabodebek. Untuk itu, DJKA segera melakukan perawatan sarana LRT Jabodebek.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan karena adanya perawatan tersebut.

Adapun terkait dengan perawatan yang berlangsung, Risal menyebut bahwa hal ini perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan perjalanan LRT Jabodebek.

“Berdasarkan temuan inspektur kami di lapangan, ditemukan pengikisan (aus) pada ruas-ruas jalur tertentu. Kami tengah melakukan pemeriksaan roda dan kondisi rel untuk mengatasi hal tersebut,” ungkap Risal melalui keterangan tertulis, dikutip Kamis (2/11/2023).

Lebih lanjut, Risal akan mendorong dan memastikan pelayanan KA LRT Jabodebek terus berjalan dengan penyesuaian jadwal, dan mempercepat perawatan sarana Kereta.

Risal mengatakan bahwa DJKA telah mengarahkan pihak operator, kontraktor, dan stakeholder lainnya untuk tetap mempertahankan layanan dan segera menindaklanjuti temuan yang ada.

Baca juga: Ada Temuan Roda LRT Jabodebek Cepat Aus, Dephub Percepat Perawatan

“Dengan adanya perawatan ini, maka rangkaian kereta yang dapat dioperasikan penuh ada 8 rangkaian, kami berharap pihak operator dapat memaksimalkan seluruh rangkaian ini,” tutur Risal.

Selama proses perawatan berlangsung, pelayanan LRT Jabodebek akan disesuaikan dengan headway (waktu tunggu antar kereta) sebagai berikut.

Peak Hour

Harjamukti/Jatimulya – Cawang (pp): 30 Menit
Cawang – Dukuh Atas (pp): 15 Menit

Off-peak Hour

Harjamukti/Jatimulya – Cawang (pp): 60 Menit
Cawang – Dukuh Atas (pp): 30 Menit

Terkait hal ini, Risal menyampaikan agar para calon penumpang LRT Jabodebek dapat menyesuaikan jadwal keberangkatannya. Di samping itu, operator diharap dapat aktif menginformasikan perubahan jadwal selama perawatan berlangsung.

“Jangan sampai menimbulkan kebingungan pada masyarakat,” tutup Risal.

Leave a Reply