Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Biar Manfaatnya Maksimal, Lakukan 5 Hal Ini Saat Magang

internship2-getty- maganginternship2-getty- magang

Topcareer.id – Bagi yang baru lulus atau bahkan masih aktif kuliah, kesempatan magang akan menjadi sangat berharga. Program magang bisa menjadi “perkenalan” untuk dunia kerja yang sesungguhnya. Agar magangmu bisa bermanfaat, baiknya lakukan dengan maskimal.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui posting Instagram resminya memberi beberapa tips agar magang yang kamu dijalani bisa maksimal manfaatnya.

1. Bertanya dan belajar

“Jangan takut bertanya untuk memahami tugas agar Rekanaker bekerja dengan lebih baik,” tulis posting Instagram Kemnaker, dikutip Jumat (3/11/2023).

Jika kamu aktif bertanya bahkan belajar maka kamu juga akan menyerap banyak ilmu dari pekerjaan-pekerjaan magangmu. Kalau hanya bersikap pasif, kamu tidak akan memperoleh manfaat maksimal.

2. Terlibat aktif

Kemnaker menyarankan agar pemagang ikut andil dalam tugas-tugas tambahan atau kegiatan kelompok. Tujuannya tentu agar kamu bisa maksimal belajar di tempat kerja melalui tugas-tugas tambahan yang kamu terima.

Baca juga: Setelah Masa Magang Berakhir, Pastikan Kamu Lakukan 4 Hal Ini

3. Inisiatif

Baiknya, kamu proaktif terhadap tugas baru bahkan sebisa mungkin tawarkan bantuan. Lagi-lagi kamu diminta untuk lebih aktif dalam melakukan pekerjaan. Jika kamu memiliki perilaku inisiatif saat magang, kamu juga akan memperoleh manfaatnya ketika kamu benar-benar masuk ke dunia kerja sesunggugnya.

4. Bina jaringan

Mumpung masih magang, bangun jaringan seluas-luasnya. Berteman dengan semua orang tanpa membedakan jabatan. Membangun jaringan di sini tentu dalam hal-hal positif. Tidak ada yang tahu siapa yang akan membantumu di masa depan, mungkin salah satu dari jejaringmu di tempat magang.

5. Evaluasi dan adaptasi

Jangan lupa melakukan evaluasi diri untuk meninjau kemampuanmu secara rutin sehingga kamu lebih berkembang, termasuk dalam meningkatkan kemampuan.

Leave a Reply