Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Perusahaan Musik Setuju, Youtube Buka Kesempatan Talenta Lokal Go Global

Musisi, perusahaan musik, dan para kreator setuju bahwa YouTube membuka kesempatan bagi talenta lokal.Musisi, perusahaan musik, dan para kreator setuju bahwa YouTube membuka kesempatan bagi talenta lokal. (Istimewa)

Topcareer.id – Menurut laporan Youtube Impact 2023, musisi, perusahaan musik, dan para kreator setuju bahwa YouTube membuka kesempatan bagi talenta lokal untuk ditemukan dan ditampilkan di kancah internasional.

Sebagai platform video online dengan ratusan juta pengguna dan kreator di Indonesia, Youtube berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan manusia dan ekonomi kreatif, termasuk dalam industri musik.

Menurut data YouTube Impact Report tahun 2023, lebih dari 400 ribu kreator dan mitra di Indonesia mempekerjakan orang lain untuk mengelola channel YouTube mereka.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa:

Sebanyak 83% perusahaan musik yang memiliki channel YouTube setuju bahwa YouTube penting untuk memperkenalkan artis dan/atau musik baru.

82% perusahaan musik dengan saluran YouTube setuju bahwa YouTube membantu mereka menjangkau audiens baru di seluruh dunia,

77% perusahaan musik dengan saluran YouTube setuju bahwa YouTube telah meningkatkan bakat kreatif di industri musik, dan

Sebanyak 86% kreator yang menghasilkan uang dari YouTube setuju bahwa pendapatan dari iklan pada konten YouTube mereka merupakan sumber penghasilan yang penting bagi mereka.

Baca juga: Buat Musisi Nih, Simak Cara Daftarkan Hak Cipta Musik Secara Online

“Sejak YouTube hadir di Indonesia, platform multi-format dan multi-category ini membawa dampak besar bagi kemajuan industri musik di Indonesia,” kata Ketua Umum Yayasan Anugerah Music Indonesia (AMI), Candra Darusman dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id, Senin (6/11/2023).

“Tidak hanya membantu menemukan talenta baru dari seluruh pelosok negara, tapi juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi musisi Tanah Air untuk terhubung dengan audiens di seluruh dunia,” tambah dia.

Ia juga mengatakan bahwa YouTube pun memungkinkan para musisi Tanah Air untuk memperoleh penghasilan dari melakukan hal yang mereka gemari. Sebuah apresiasi dan dukungan nyata kepada industri musik dan talenta anak bangsa. Hal ini sejalan dengan misi AMI Awards yang telah diselenggarakan selama 26 tahun.

“Kami berharap dukungan, sinergi dan kolaborasi yang baik antara YouTube dan industri musik akan terus terbina, dan bersama kita manfaatkan teknologi yang terus mendukung artis, penulis lagu, produser, dan industri secara keseluruhan,” ucapnya.

Paul Smith, Managing Director, YouTube Music, Asia Pasifik menambahkan, musik merupakan jantungnya kebudayaan Indonesia, dan menurutnya Youtube senang bisa menjadi bagian dari hal itu.

“Dari kreator asal Lombok, Tami Aulia, hingga Afgan yang telah menembus panggung internasional – kreator dan musisi Indonesia terus mendefinisikan ulang apa artinya menjadi seniman dan entertainer masa kini,” tandas dia.

Leave a Reply