Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 21, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

5 Antisipasi Pemerintah Hadapi Lonjakan Pergerakan Libur Nataru

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy beberkan sejumlah antisipasi pergerakan selama libur Nataru 2023/2024.Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy beberkan sejumlah antisipasi pergerakan selama libur Nataru 2023/2024. (foto: Kemenko PMK)

Topcareer.id – Pemerintah melakukan koordinasi untuk melakukan sejumlah antisipasi menghadapi mobilisasi masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Menurut survey, sebanyak 107,63 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan pada libur Nataru2023/2024.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa jumlah tersebut mengalami peningkatan drastis sebesar 143% dari tahun 2022/2023.

Lebih lanjut Menko Muhadjir memaparkan sejumlah strategi antisipasi dari Pemerintah, dengan menyiapkan beberapa langkah menghadapi Nataru: yaitu dalam hal pengaturan transportasi darat, penyebrangan laut, pembelian tiket, layanan rest area jalan tol, penambahan jadwal penerbangan dan kereta, serta program mudik Nataru.

Pertama, untuk pengaturan transportasi darat saat arus mudik Nataru, Menko PMK menyampaikan, dilakukan pengaturan dengan menerapkan skema rekayasa lalu lintas yaitu pengalihan kendaraan barang, satu arah (one way), contra flow, dan ganjil genap.

“Dan kita harapkan penanganan lalu lintas darat ini akan jauh lebih baik dibanding Nataru tahun lalu dan tentu saja akan memberikan kenyamanan lebih baik untuk mereka yang akan melaksanakan kegiatan,” kata Menko Muhadjir dikutip dari siaran pers, Senin (11/12/2023).

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Libur Nataru, Kemenhub Siapkan Mudik Gratis

Kedua, lanjut dia, pengaturan penyeberangan laut melalui Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Jangkar. Juga akan dilakukan penambahan operasional kapal penumpang yang dikoordinasikan dengan Menhub dan Dirut ASDP.

Ketiga, kebijakan pembelian tiket secara online akan diperluas dan diperbanyak. Tidak ada penjualan di pelabuhan, atau minimal 1 hari sebelum keberangkatan serta peningkatan layanan teknologi.

Keempat, peningkatan layanan rest area di jalur tol akan diperbaiki, serta penyiapan posko dan fasilitas sarana prasarana kesehatan sepanjang rute perjalanan arus mudik dan arus balik.

Dan kelima, penambahan jadwal penerbangan, penyesuaian jadwal kapal penumpang, serta jadwal perjalanan kereta api.

Menko PMK menuturkan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan juga menyediakan mudik bareng gratis libur Nataru 2023/2024 dengan target lebih dari 3.600 orang penumpang, dengan menggunakan 90 unit bus, dan 120 motor yang akan diangkut dengan 4 unit truk.

Hal itu, guna meningkatkan aspek keselamatan dan kelancaran selama periode mudik Nataru 2023/2024 khususnya bagi masyarakat di sekitar Jabodetabek.

Leave a Reply