Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 1, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Ini Profesi Paling Diminati Gen Z di Sektor Keuangan Indonesia

Profesi akuntan profesional menjadi salah satu profesi yang paling diminati gen z untuk sektor keuangan.Profesi akuntan profesional menjadi salah satu profesi yang paling diminati gen z untuk sektor keuangan. (Pexels)

Topcareer.id – Menurut hasil survei yang digagas The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW), akuntan profesional mampu menjadi pilihan generasi muda saat ini dalam menjejaki karier di masa yang akan datang di sektor keuangan.

Untuk diketahui, Chartered Accountant atau yang biasa disebut akuntan profesional adalah sosok penting dibalik peran kritis yang menentukan kualitas dan integritas informasi finansial sebuah perusahaan.

Saat bisnis melangkah maju dalam era globalisasi, permintaan akan jasa akuntan profesional semakin memuncak, terutama dalam hal kualitas informasi keuangan yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (PPPK Kemenkeu) bahwa per 9 Oktober 2023, terdapat 1.525 akuntan profesional yang terdaftar sebagai anggota aktif dan 479 Kantor Akuntan Publik (KAP), yang jika dikaji merupakan jumlah yang kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sebesar 278,69 juta.

Jika dibandingkan dalam sebuah rasio maka 1 akuntan profesional aktif per sekitar 182.623 penduduk (1:182.623). Perbandingan ini menjadi sorotan bagi ICAEW, di mana jumlah akuntan profesional yang memiliki kualifikasi profesi di Tanah Air masih sedikit.

Untuk menjadi akuntan profesional, seseorang harus memiliki pendidikan yang memadai di bidang akuntansi dan memiliki kualifikasi profesi akuntan dari badan akuntansi profesional publik yang berwenang.

Oleh karena itu, ICAEW menggagas sebuah survei terkait minat generasi muda saat ini dalam membangun karier pada sektor keuangan, terutama sebagai akuntan profesional yang juga mempertimbangkan kualifikasi profesi.

Survei tersebut dilaksanakan pada kuartal ketiga 2023 dan melibatkan 248 responden dari kalangan Generasi Z dari berbagai demografi yang berbeda di Indonesia, khususnya dari para mahasiswa tingkat akhir dengan konsentrasi studi akuntansi dan para fresh graduate.

Prospek karier jadi kunci utama peminat profesi sektor keuangan terus meningkat

Sebanyak 34,9 persen responden memilih jalur ini karena kesesuaian jurusan pendidikan dengan sektor keuangan atau akuntansi. Selain itu, 22,9 persen responden melihat prospek karier yang baik dan jelas sebagai faktor penting dalam memilih karier di bidang ini.

Baca juga: Survei: 73% Pekerja Di Indonesia Siap Kembali Ke Perusahaan Lamanya

“Mereka memandang bahwa profesi di bidang akuntansi atau keuangan mampu menawarkan peluang yang menarik dan menjanjikan,” menurut keterangan ICAEW dalam siaran pers, dikutip Selasa (19/12/2023).

Masih menurut survei, fakta lainnya, yakni sebanyak 29,5% responden menganggap bahwa memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan profesi ini adalah keuntungan besar, dan 25,6% melihat jenjang karier yang jelas sebagai daya tarik utama.

Ini mengindikasikan bahwa profesi akuntan memiliki daya tarik bagi mereka yang mencari stabilitas dan perkembangan karier yang jelas.

Jenjang karier akuntan profesional paling menjanjikan

Ketika membahas tentang sektor yang memiliki potensi besar dalam membangun karier masa depan, akuntan profesional menjadi pilihan yang mendominasi dengan jumlah persentase sebesar 32,3 persen, dan disusul pada posisi kedua yaitu, lembaga perbankan swasta.

Alasan utama yang membuat pilihan profesi akuntan profesional menjadi yang teratas karena adanya prospek pengembangan karier dan pengalaman yang pasti. Ini menggambarkan bahwa responden melihat potensi perkembangan karier yang kuat dalam sektor ini.

Selain itu, survei juga mengungkapkan bahwa diperlukan setidaknya tiga keterampilan untuk sukses dalam profesi akuntan, yaitu kemampuan analisis, berpikir kritis, dan kemampuan dalam berkomunikasi.

Dengan melihat prospek jenjang karier dan keterampilan yang dibutuhkan, maka sebanyak 35,9 persen responden berharap untuk mendapatkan income yang mampu mencapai puluhan juta sebagai sumber penghasilan jika mereka bekerja sebagai akuntan.

Leave a Reply