Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

BMKG: Potensi Cuaca Ekstrem Masih Perlu Diwaspadai di Januari 2024

Ilustrasi cuaca buruk

Topcareer.id – Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, memprediksi adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia yang perlu diwaspadai. Cuaca ekstrem berupa hujan lebat bisa memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan bahwa mencermati perkembangan potensi cuaca saat ini hingga pertengahan Januari 2024, BMKG terus melakukan update monitoring kondisi cuaca untuk mengantisipasi peningkatan cuaca ekstrem.

“Dan berdasarkan analisis terkini diidentifikasi hingga sepekan ke depan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah,” kata Guswanto dikutip dari laman resmi BMKG, Kamis (4/1/2024).

Ia menjelaskan lebih rinci dinamika atmosfer yang dimaksud, yakni Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

Aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan ke depan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Selama Periode Nataru

“Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang,” jelas dia.

Potensi Cuaca

Dengan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer tersebut, maka untuk sepekan ke depan (3 – 10 Januari 2024) perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga Lebat di sebagian wilayah :

Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung;

Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur;

Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan;

Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara;

Maluku, Papua Barat, Papua.

Potensi Cuaca Jabodetabek: (Untuk sepekan ke depan (03 – 10 Januari 2024):

Pada siang hingga menjelang malam hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga LEBAT di sebagian wilayah :
Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok, Kab. Bogor, Kota Bogor, Tangerang Selatan, Kab. Tangerang bagian selatan, Kab. Bekasi bagian selatan

Pada malam hingga dini hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga LEBAT di sebagian wilayah :
Kep. Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur bagian utara, Jakarta Barat bagian utara, Kab. Bekasi bagian utara, Kab. Tangerang bagian utara

Leave a Reply