Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Cek! Ini Hari Paling Populer untuk Rapat Kerja Menurut Survei

Ilustrasi Rabu jadi hari paling populer untuk mengadakan rapat kerja.Namun, menurut data dari Calendly, hari Rabu adalah hari paling populer untuk rapat kerja secara virtual atau langsung. (dok. TTruedigital)

Topcareer.id – Rapat kantor atau meeting saat ini bisa dilakukan di mana saja dan mungkin bisa kapan saja mengingat pertemuan bisa dilakukan secara virtual. Namun, menurut data dari Calendly, hari Rabu adalah hari paling populer untuk rapat kerja secara virtual atau langsung.

Menurut temuan Calendly, bukan kejutan besar meeting sering diadakan di hari Rabu karena minimnya kehadiran pekerja di kantor saat Senin dan Jumat. Untuk meeting virtual saja, hari Selasa menempati posisi atas.

Yang mengejutkan, jumlah meeting di akhir pekan pada tahun ini lebih sedikit. Pertemuan tatap muka pada hari Sabtu turun 17% pada tahun 2023 dari tahun 2021, sementara pertemuan tatap muka pada hari Minggu turun 29% pada periode yang sama, menurut temuan Calendly.

Data yang diambil pada awal Desember ini diambil dari lebih dari 20 juta pengguna software penjadwalan perusahaan. Sekitar setengah dari pengguna Calendly berbasis di luar Amerika Serikat.

Laporan Calendly itu juga menyebut bahwa hampir seperempat rapat kerja tatap muka atau virtual terjadi antara jam 7 malam dan 8 malam.

Baca juga: Etika Rapat Virtual Yang Sering Terlupakan (Bagian 2)

Ron Hetrick, ekonom tenaga kerja senior di firma riset Lightcast mengatakan bahwa para pekerja – terutama pekerja muda yang masih belajar – dipaksa untuk menjadi dewasa dan mendengarkan perbedaan pendapat. “Saya melihat bagaimana masalah diselesaikan,” kata dia, dikutip dari laman Business Insider.

Sebagian besar penyelesaian masalah terjadi pada sore hari. Sekitar 86% pertemuan berlangsung dari jam 2 siang sampai jam 6 sore, Calendly melaporkan.

Calendly mengatakan rapat kerja dari jam 11 pagi sampai jam 1 siang, melonjak 48% pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2021. Tentu saja, rapat-rapat tersebut dapat mencakup makan, meskipun melewatkan makan siang adalah sesuatu yang dilaporkan dilakukan oleh beberapa pekerja Gen Z.

Hal ini disebabkan karena mereka lebih khawatir dibandingkan rekan-rekan mereka yang lebih tua sehingga bos mereka tidak akan menyetujui istirahat makan siang, menurut laporan BI sebelumnya.

Calendly juga menemukan bahwa sekitar setengah dari pertemuan jarak jauh diselesaikan dalam 30 menit dibandingkan dengan hanya 31% pertemuan tatap muka.

Leave a Reply