Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Pemerintah Buka Rekrutmen CASN 2024 untuk 2,3 Juta Formasi

Presiden Joko Widodo umumkan rekutmen CASN 2024 hingga 2,3 juta formasi.Presiden Joko Widodo umumkan rekutmen CASN 2024 hingga 2,3 juta formasi. (dok. Kementerian PANRB)

Topcareer.id – Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa pemerintah membuka 2,3 juta formasi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk 2024. Formasi-formasi itu terdiri dari guru, dosen, tenaga kesehatan hingga tenaga teknis.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan resmi, Jumat (5/1/2024).

Lebih lanjut Kepala Negara merinci untuk rekrutmen CASN 2024, di mana setidaknya ada 690 ribu formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau kesempatan bagi para lulusan baru yang tersebar di instansi pusat 207 ribu dan 483 ribu di instansi daerah.

Selain itu, pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN dengan membuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, di mana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” ujar Presiden.

Baca juga: SKD CASN Dimulai, Menteri PANRB: Tak Ada Titip-Menitip, Sistem Live Score

Ia menambahkan, rekrutmen CASN 2024 ini digelar sebagai upaya pemerintah untuk menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat.

Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

“Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” tandasnya.

Leave a Reply