Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, February 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Menghindari Pekerjaan Baru yang Tidak Disukai

Ilustrasi cara menghindari pekerjaan baru yang tidak disukai pada 2024 ini.Ilustrasi cara menghindari pekerjaan baru yang tidak disukai pada 2024 ini - searching job 2 (Pexels)

Topcareer.id – Ketika mencari pekerjaan baru pada 2024, kamu pasti berharap mendapat pekerjaan dengan gaji tinggi, peluang menarik hingga kondisi kerja yang baik. Tapi, kamu perlu pertimbangkan kerugian atas pekerjaan tersebut, biar kamu bisa menghindari pekerjaan baru yang tidak kamu sukai.

CEO perusahaan kepegawaian, LaSalle Network, Tom Gimbel mengatakan bahwa memikirkan aspek yang tidak kamu sukai dari pekerjaan saat ini mungkin akan terdengar negatif saat ingin mencari pekerjaan baru.

Tapi, kata dia, cara ini merupakan praktik yang baik untuk memastikan bahwa kamu tidak berakhir di tempat baru dengan masalah lama yang sama atau menghindari pekerjaan baru yang tidak kamu sukai.

“Saya pikir, seringnya orang terlalu fokus pada apa yang mereka sukai tentang peluang baru. Namun, orang-orang tidak meninggalkan pekerjaannya karena mereka menyukai pekerjaan tersebut,” kata Gimbel, mengutip laman CNBC Make It.

“Kamu meninggalkan pekerjaan karena hal yang tidak kamu kuasai, atau perusahaan atau atasanmu memaksamu melakukan hal yang tidak kamu sukai. Dan menurut saya kamu harus realistis,” ujarnya.

Seruan Gimbel untuk bersikap realistis datang pada saat karyawan sedang mempertimbangkan bagaimana pekerjaan itu cocok atau tidak dengan kehidupan pribadi mereka.

Ekspektasi yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebabnya. “Saya pikir kita sudah sampai pada titik di mana karyawan berpikir bahwa mereka harus mencintai setiap bagian dari pekerjaan mereka. Dan itu gila. Hanya sedikit hal yang kami sukai 100%.”

Baca juga: 3 Red Flag Rekan Kerja Yang Gampang ‘Insecure’ Dan Jadi Tukang Gosip

Sebaliknya, Gimbel mengatakan bahwa jujur pada diri sendiri tentang apa yang tidak disukai adalah langkah cerdas sehingga kamu tahu apa yang harus dihindari.

Dia juga menyarankan untuk memikirkan bagaimana kamu dapat memecahkan masalah dalam kondisi yang kurang ideal, seperti menghadapi atasan atau mempelajari keterampilan untuk membuat pekerjaanmu lebih mudah.

Terakhir, Gimbel mengatakan, hal utama yang perlu ditanyakan orang pada diri mereka sendiri adalah apakah mereka menginginkan pekerjaan, atau apakah mereka menginginkan karier?

“Apakah mereka ingin melakukan sesedikit mungkin dan menghasilkan sebanyak yang mereka bisa? Atau apakah mereka ingin tertantang dan berkembang menjadi apa yang ingin mereka pelajari?”

Ia melanjutkan, asumsi bahwa semua orang ingin berkembang, semua orang ingin belajar, dan semua orang ingin tertantang, adalah asumsi yang tidak akurat. Bagi banyak orang, pekerjaan bukanlah sebuah panggilan dan lebih merupakan cara untuk membayar tagihan-tagihannya.

Penting untuk mengetahui hal itu di dirimu sebelum melakukan pencarian kerja dan wawancara baru.

Leave a Reply