Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Pentingnya Pelatihan Simulator Rutin Bagi Seorang Pilot

Pelatihan simulator untuk pilot Lion Air.Pelatihan simulator untuk pilot Lion Air. (dok. Lion Air Group)

Topcareer.id – Bagi profesi apapun, mengupdate ilmu dan skill di bidangnya itu sangat penting, tak terkecuali bagi seorang pilot. Seorang pilot biasanya mengupdate kemampuan menerbangkan pesawatnya melalui pelatihan di simulator.

Biasanya pelatihan simulator ini dijalankan secara rutin oleh pilot dan dilakukan ketika mereka tidak sedang tugas terbang.

Corporate Communications Strategic of Lion Group, Danang Mandala Prihantoro membeberkan betapa pentingnya pelatihan simulator bagi pilot.

“Pilot Lion Group harus mengikuti pelatihan di simulator secara terjadwal, guna memenuhi kualifikasi jam terbang dan meningkatkan keterampilan,” kata Danang melalui siaran pers yang diterima Topcareer.id beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, pelatihan di simulator memberikan kesempatan bagi pilot berlatih mengemudikan pesawat, berkomunikasi dengan petugas lalu lintas udara dan prosedur yang sulit atau darurat.

Pelatihan di simulator, kata dia, menjadi aspek krusial dalam persiapan untuk menjadi seorang pilot yang tangguh (“resilent”). Lion Group Training Center (LGTC) merupakan pusat pelatihan terpadu untuk pilot dan kru pesawat Lion Air Group.

Baca juga: Tren Penerbangan Naik, Menhub: Kondisi Pilot Jadi Perhatian Utama

LGTC memiliki fasilitas simulator yang terdiri dari 6 unit Boeing 737, 3 unit Airbus 320 dan 2 unit ATR 72. Simulator ini dapat meniru kondisi penerbangan yang nyata, termasuk cuaca, situasi darurat dan kondisi lainnya.

Danang menjelaskan alasan mengapa pelatihan ini begitu penting, karena bisa menjaga kesiapan dan kecakapan seorang pilot.

“Simulator memberikan pengalaman yang mendekati situasi dunia nyata dan memungkinkan pilot untuk menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi di udara. Ini termasuk mengatasi masalah teknis, menghadapi cuaca ekstrem, dan melatih respons dalam keadaan darurat,” ujar dia.

Pelatihan ini memungkinkan pilot untuk mengasah keterampilan mereka tanpa risiko nyata bagi keselamatan penerbangan.

Menurutnya, tujuan utama dari pelatihan tersebut adalah meningkatkan keahlian teknis, non-teknis dan pemahaman situasional pilot. Para pilot ini mempraktikkan manuver, prosedur, dan respons yang diperlukan dalam lingkungan yang aman dan terkontrol.

“Hal ini tidak hanya meningkatkan keterampilan individual pilot, tetapi juga memastikan bahwa mereka siap menghadapi setiap tantangan yang mungkin terjadi dalam penerbangan komersial.”

Leave a Reply