Topcareer.id – Bagi mahasiswa yang membutuhkan dana penelitian untuk skripsi, tesis hingga disertasi, bisa memanfaatkan Bantuan Penelitian (Banlit) Bank Indonesia. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa program S1, S2, dan S3 yang sedang menyusun skripsi/tesis/disertasi periode 2024.
Menurut laman Direktorat Kemahasiswaan UGM, besaran bantuan penelitian yang diberikan untuk setiap penelitian, yakni untuk mahasiswa S1 sebesar Rp10.000.000, mahasiswa S2 sebesar Rp 15.000.000, dan mahasiswa S3 sebesar Rp20.000.000.
Lebih lanjut disampaikan bahwa penerima program Banlit Bank Indonesia diwajibkan untuk menyampaikan Karya Tugas Akhir (skripsi/tesis/disertasi) yang telah dinyatakan selesai dan disetujui oleh pembimbing/promotor paling lambat 6 bulan untuk skripsi dan 24 bulan untuk tesis dan disertasi setelah proposal dinyatakan diterima/accepted.
Berikut ini kriteria pelamar banlit Bank Indonesia:
Kriteria Umum:
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Mahasiswa aktif Program S1, S2, dan S3 UGM yang sedang menyusun skripsi/tesis/disertasi
Kriteria Substansi:
1. Skripsi/tesis/disertasi dengan tema/judul terkait bidang ekonomi, kebanksentralan, dan/atau ilmu terapan lainnya yang mendukung kebijakan kebanksentralan
2. Bermanfaat secara langsung dan/atau tidak langsung dalam bentuk masukan atau ide baru yang terkait dengan pelaksanaan kebijakan ekonomi, moneter, stabilitas sistem keuangan dan/atau sistem pembayaran
3. Mampu memberikan masukan terhadap penyempurnaan kebijakan ekonomi, moneter, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran, dan/atau kebijakan di bidang terkait lainnya; dan
4. Mampu menghasilkan teori atau cara pandang baru mengenai permasalahan di bidang ekonomi, moneter, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran, dan/atau permasalahan di bidang terkait lainnya.
Baca juga: Bank DBS Gelar Kelas Coding Gratis, Cek Selengkapnya
Syarat dokumen
1. Kartu Tanda Mahasiswa
2. Formulir Pendaftaran Beasiswa
3. Syarat dari Bank Indonesia Institute:
– Surat Rekomendasi dittd oleh Ketua Jurusan/Kepala Program Studi/Pejabat Fakultas/Jurusan
– Lembar Persetujuan dittd Dosen Pembimbing dan Pejabat Fakultas/Jurusan (file terpisah dengan proposal) *) format dari Bank Indonesia
– Lembar pengesahan proposal (Pengesahan oleh Dosen Pembimbing atau Promotor, file terpisah dengan proposal)
– Legalisir transkrip Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) – Minimal 3.25 dari 4.00
– Curriculum Vitae (CV)
– Scan/photocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
– Scan/photocopy halaman muka buku rekening yang memuat nomor rekening
– Scan/photocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (jika ada, apabila tidak memiliki silakan unggah formulir beasiswa)
– Proposal Tugas Akhir
Pendaftaran mulai 1 Februari 2024 hingga 25 Oktober 2024.