Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, February 21, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Cek! 3 Skema Pembukaan Seleksi Beasiswa IISMA

Ilustrasi beasiswa IISMA.Ilustrasi beasiswa IISMA.

Topcareer.id – Pendaftaran beasiswa Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) telah dibuka sejak 23 Januari hingga 14 Februari 2024. Untuk tahun ini, IISMA melakukan seleksi calon awardee melalui tiga skema.

Ketiga skema tersebut, yakni skema reguler, afirmasi, dan co-funding. Untuk skema reguler, merupakan beasiswa penuh dari Kemendikbudristek RI.

Kemudian untuk skema afirmasi, yakni beasiswa penuh dari Kemendikbudristek untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 atau mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) atau mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi.

IISMA tahun ini semakin membuka kesempatan bagi mahasiswa unggul dari seluruh Indonesia tak terkecuali.

Melansir laman Dikti Kemendikbudristek, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani menyatakan bahwa program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa unggul dari Sabang sampai Merauke untuk belajar selama satu semester sebagai duta bangsa di perguruan tinggi terbaik di luar negeri dengan dukungan biaya dari pemerintah Indonesia.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa IISMA Dibuka Hari Ini, Cek Syaratnya

Skema co-funding dibuka setelah skema regular dan afirmasi telah diumumkan. Melalui skema co-funding ini, IISMAmemberikan kesempatan lebih banyak kepada mahasiswa Indonesia yang hendak mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi luar negeri dengan pembiayaan yang berasal dari dua pihak, yaitu dana dari pemerintah dan mahasiswa secara mandiri.

IISMA tahun 2023 telah berhasil menarik lebih dari 10.000 pendaftar yg berasal dari skema reguler dan co-funding. Dengan dibukanya tiga skema pendaftaran di tahun ini diharapkan mampu mendorong peningkatan partisipasi mahasiswa, sehingga peserta IISMA lebih terdistribusi secara proporsional.

Di kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Vokasi (Diksi), Kiki Yuliati mengapresiasi dan mendorong perguruan tinggi untuk memberikan peluang bagi sebanyak-banyaknya mahasiswa vokasi untuk mengikuti program IISMA.

“Saya mengapresiasi kepada perguruan tinggi pelaksana pendidikan vokasi yang turut menyukseskan pelaksanaan program IISMA dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa vokasi untuk bergabung mengikuti program,” kata dia, dikutip dari laman resmi Dikti.

Jumlah kuota yang dibuka tahun ini meningkat sebanyak 3.000—3.300 peserta, dengan jumlah mitra 140—150 universitas yang tersebar di 30 negara. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran IISMA 2024 tersedia di laman iisma.kemdikbud.go.id.

Leave a Reply