Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Begini Cara Pangkas Resume yang Kepanjangan

Ilustrasi mencari kerja-CV-resume - ilustrasi era AI mengubah lanskap kerja termasuk kualifikasi kerja. (Dimas/Topcareer.id)Ilustrasi mencari kerja-CV-resume - ilustrasi era AI mengubah lanskap kerja termasuk kualifikasi kerja. (Dimas/Topcareer.id)

Topcareer.id – Jika ingin melamar pekerjaan, meng-update resume itu merupakan hal wajib. Tapi, ketika kamu sudah meninjau ulang, tapi resume masih kepanjangan, baiknya coba untuk dipangkas. Ingat bahwa manajer perekrutan tidak berlama-lama melihat resume kandidat.

Eksekutif SDM, Angela Smith mencoba memberikan saran yang dituangkan dalam laman The Muse, bagaimana memangkas reseume yang kepanjangan dengan cara yang mudah.

1. Hapus informasi yang tidak relevan

Informasi yang tidak relevan itu termasuk hobi dan informasi pribadi apapun seperti tanggal lahir, kewarganegaraan, atau status pernikahan. Plus, kamu tidak perlu mencantumkan alamat jalan lengkap pada resume belakangan ini, hanya kota dan provinsi saja sudah cukup.

2. Hapus referensi dan letakkan “Referensi tersedia atas permintaan”

Pada titik ini tidak perlu untuk membagikan referensi atau bahkan menyebutkannya. Seharusnya jelas kamu akan memberikan referensi ketika saatnya tiba dan kamu dapat menggunakan ruang ini untuk hal-hal lain.

3. Hapus kata-kata tida perlu

Kata-kata seperti “sebuah” “Adalah” (terlalu sering) mungkin tampak kecil, tetapi menghapusnya di seluruh dokumen akan menghemat banyak ruang.

Baca juga: Hindari Red Flag Ini Saat Bikin Resume Buat Cari Kerja

4. Rampingkan informasi yang telah kamu sertakan

Misalnya, jika kamu seorang karyawan tingkat menengah atau senior, kamu masih harus meletakkan poin pendidikanmu, tetapi tidak perlu menyertakan kegiatan ekstrakurikuler, IPK, atau detail lainnya, terutama ketika hal-hal itu mengambil ruang yang berharga.

5. Mainkan dengan jenis dan ukuran font

Pilih font yang jelas dan mudah dibaca, tanpa ornamen tambahan. Namun, jangan terlalu kecil, hanya untuk memasukkan banyak ke halaman. Praktik terbaik adalah menggunakan font dengan ukuran 10 dan 12 poin.

6. Ubah margin dan spasi garis

Kadang-kadang sesuatu yang sederhana seperti mengatur jarak garis secara berbeda dapat memiliki dampak besar pada reseume yang kepanjangan dan keseluruhan tampilan resume.

7. Mulai lagi dari awal

“Dengan beberapa klien yang memiliki banyak pengalaman tetapi berjuang untuk mengurangi resume mereka, saya sudah mencoba strategi lain. Kami menghapus hampir semuanya dan kemudian mulai membangun dari ulang,” kata Anglea.

Setelah kamu menyelesaikan resume, kamu dapat berpikir secara strategis tentang elemen apa yang akan ditambahkan dan bagian mana yang perlu ditambahkan, dan itu bisa lebih mudah daripada menghapus sedikit demi sedikit dari apa yang sudah ada.

Leave a Reply