Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Traveloka: Konsumen Rencanakan Perjalanan Libur Lebaran Sejak Februari

Ilustrasi Traveloka berbagi tren seputar perjalanan mudik dan libur lebaran 2024 - travel (Pexels)Ilustrasi Traveloka berbagi tren seputar perjalanan mudik dan libur lebaran 2024 - travel (Pexels)

Topcareer.id – Traveloka, platform travel, membagikan tren mudik dan libur Lebaran 2024. Traveloka melihat tren mudik dan libur Lebaran 2024 mengalami peningkatan signifikan dalam pemesanan tiket transportasi, akomodasi dan atraksi selama bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

CEO of Transport Traveloka, Iko Putera mengatakan bahwa jelang persiapan libur Lebaran, Traveloka melihat konsumen mulai merencanakan perjalanan mereka sedini mungkin, bahkan sejak bulan Februari.

“Tidak hanya produk transportasi, namun produk akomodasi juga mengalami peningkatan pemesanan, menandakan tren staycation masih menjadi favorit. Selain itu, momentum Lebaran ini juga dimanfaatkan konsumen untuk berlibur ke sejumlah atraksi wisata,” kata Iko Putera melalui siaran pers, dikutip Jumat (5/4/2024).

Ia menjelaskan, berdasar data internal Traveloka, ada lonjakan untuk pencarian transportasi, dengan pencarian tiket Pesawat untuk destinasi teratas seperti Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik sebesar dua kali lipat jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Di periode yang sama, minat masyarakat untuk berlibur ke destinasi internasional seperti Kuala Lumpur, Singapura dan Bangkok juga mengalami peningkatan.

Moda transportasi darat seperti kereta api, bus & travel juga masih menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian khususnya di wilayah lintas pulau Jawa.

Adapun tren pencarian bus & travel untuk periode Lebaran meningkat sebanyak hampir 12 kali lipat dan kereta pi meningkat sebanyak lebih dari 30 kali lipat, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Baca juga: LRT Jabodebek Tetap Beroperasi Saat Libur Lebaran, Tarif Maksimal 10.000

Untuk moda transportasi darat, destinasi domestik yang menjadi favorit konsumen meliputi Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Bandung, Cirebon, Bandar Lampung dan Padang.

Melihat tingginya kebutuhan transportasi umum darat di musim mudik, Traveloka bekerja sama dengan Cititrans untuk menambah rute Bus terbaru, seperti Jakarta – Semarang – Solo – Yogyakarta dan Jakarta – Surabaya – Malang, yang sudah dapat diakses melalui website atau aplikasi Traveloka.

Lebih lanjut, data internal Traveloka menunjukkan puncak arus mudik dan arus balik berdasarkan pembelian tiket cukup beragam. Untuk moda transportasi Pesawat puncak keberangkatan terjadi pada 5-6 April 2024, dengan arus balik pada 14-15 April 2024.

Sementara untuk Kereta Api, puncak keberangkatan terjadi pada 5-8 April 2024 dan arus balik mulai 13-15 April 2024. Khusus untuk Bus dan Travel, Traveloka melihat lonjakan keberangkatan terjadi pada 3-8 April 2024 dan arus balik pada 13-15 April 2024.

Peningkatan pencarian di sektor transportasi, diikuti dengan peningkatan jumlah pencarian akomodasi selama periode libur Lebaran yang mencapai lebih dari 50% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Jenis akomodasi seperti hotel bintang 4 menjadi yang paling banyak dicari, baik di dalam kota untuk staycation maupun luar kota untuk berlibur.

Leave a Reply